Menu
in ,

“Pajak.com Writing Festival”, Ajak Generasi Muda Sadar Pajak

“Pajak.com Writing Festival”, Ajak Generasi Muda Sadar Pajak

FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Untuk mendukung Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam mencapai literasi perpajakan yang ideal menuju kesadaran masyarakat dalam menunaikan kewajiban perpajakan, Pajak.com didukung oleh DJP, ATPETSI, TaxPrime Academy, dan Majalah Pajak meluncurkan program Pajak.com Writing Festival (PWF) 2021. Peluncuran (kick off) program ini dilaksanakan pada Kamis (29/7/21).

Pendiri Pajak.com Muhamad Fajar Putranto menyampaikan, PWF 2021 merupakan ajang kompetisi menulis artikel ilmiah mengenai perpajakan dengan peserta dari kalangan mahasiswa-mahasiswi Indonesia. Pajak.com Writing Festival 2021 menjadi jalan pembuka bagi para mahasiswa untuk belajar dan mendalami pengetahuan terkait perpajakan khususnya di Indonesia.

“Kompetisi ini bertujuan untuk menguji wawasan dan keilmuan mahasiswa terkait perpajakan. Pajak memegang peranan sangat penting, hampir 85 persen penerimaan negara berasal dari pajak. Maka seluruh komponen masyarakat memang seharusnya bisa berperan serta dalam menopang penerimaan negara tersebut,” kata Fajar pada cara Kick off Meeting Pajak.com Writing Festival 2021 secara virtual Kamis, (29/7/21).

Mengusung tagline “Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara”, Fajar berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kepedulian dan kesadaran pajak bagi generasi muda sejak dini. Sebab, dari total 270 juta penduduk Indonesia, saat ini didominasi oleh generasi muda Gen Z atau mereka yang lahir antara rentang tahun 1995 sampai dengan 2010 (27,94 persen). Sementara generasi millenial atau mereka yang lahir antara tahun 1980 sampai 1994 jumlahnya mencapai 25,97 persen.

“Pajak.com Writing Festival 2021 hadir, mengajak mahasiswa-mahasiswi untuk bersama-sama membantu DJP karena memang tugas DJP berat sekali, apalagi di masa disrupsi ekonomi dan bisnis. Banyak bisnis yang berubah, ditambah lagi ada pandemi Covid-19. Kita sadar pemerintah Indonesia memerlukan bantuan untuk percepatan atau pemulihan ekonomi,” kata Fajar.

Praktisi perpajakan dari TaxPrime itu juga menyampaikan, acara ini adalah upaya membangun kultur baru para generasi muda agar pajak menjadi salah satu faktor yang dipikirkan generasi muda ketika mereka sudah menjadi pekerja atau pengusaha.

“Manfaat dari kegiatan kali ini memang tidak akan dapat dirasakan dalam waktu dekat, mungkin lima hingga sepuluh tahun mendatang. Jadi, yang dapat kita lakukan sebagai masyarakat sebagai bagian ekosistem dari pajak, di antaranya adalah menyebarkan spread knowledge, spread the word of tax. Semakin banyak diketahui oleh masyarakat maka kultur itu lama-lama akan berubah,” kata Fajar.

Fajar optimistis bahwa mahasiswa mampu membumikan edukasi mengenai pajak dan mengajak masyarakat untuk mematuhi peraturan perpajakan. Salah satunya dengan menuangkan pikiran dan pendapatnya mengenai perpajakan dalam bentuk karya tulis. Ia berkomitmen, kegiatan PWF ini akan menjadi acara yang berkelanjutan agar kultur sadar pajak bagi generasi muda bisa bener-bener terbentuk.

“Untuk membentuk kultur tidak dapat dilakukan sekali-dua kali, tetapi terus menerus dalam bentuk series. Kali ini dalam bentuk lomba karya tulis. Ke depannya akan dalam bentuk lain, misalnya videografi dan lain-lain,” kata Fajar.

Acara peluncuran Pajak.com Writing Festival 2021 ini secara resmi dibuka oleh Direktur P2Humas DJP Neilmaldrin Noor, dan menghadirkan narasumber Kasubdit Penyuluhan Perpajakan DJP Inge Diana Rismawanti, Ketua Bidang Organisasi ATPETSI Doni Budiono, Head of TaxPrime Academy Suharno dan Business Development Pajak.com Adji Sudradji.

Leave a Reply