in ,

Mengenal Kopra, Mudahkan Badan Usaha Urus Pajak

Mengenal Kopra
FOTO: IST

Mengenal Kopra, Mudahkan Badan Usaha Urus Pajak

Pajak.com, Jakarta – Menjelang akhir tahun 2021 lalu, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meluncurkan platform digital khusus segmen wholesale dengan nama Kopra by Mandiri. Kini, aplikasi ini tak hanya memudahkan nasabah dalam bertransaksi keuangan, tetapi juga memudahkan badan usaha dalam mengurus pajak pusat dan daerah. Kami akan mengajak pembaca mengenal aplikasi Kopra.

Mengutip laman situs resmi Bank Mandiri, Kopra by Mandiri memiliki konsep layanan digital single access yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi ekosistem bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale dan value chain-nya secara end to end atau hulu ke hilir. Platform ini memiliki beberapa varian layanan digital yang salah satunya terkait perpajakan.

Baca Juga  Kategori Zakat sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak

Seperti diketahui, banyak sektor usaha yang memiliki kewajiban membayar pajak ke pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Misalnya industri pertambangan dan industri lainnya seperti hotel, restoran, dan kafe atau hiburan (horeka), seperti diatur dalam UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Pada industri pertambangan, misalnya ada pajak daerah mineral bukan logam dan batuan. Sementara pada industri horeka ada pajak kabupaten/kota.

Penanganan ragam pajak ini tentu tidak mudah bagi perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan dan horeka tersebut. Makin besar suatu perusahaan, urusan pajaknya tentu juga semakin rumit. Adanya aplikasi berbasis digital seperti aplikasi Kopra memudahkan badan usaha melakukan transaksi pajak mereka.

Baca Juga  UU HPP Untuk Indonesia Maju, Bagaimana Dampaknya Bagi Masyarakat?

Badan usaha yang menjadi nasabah wholesale Bank Mandiri dapat memperoleh kemudahan dalam menyelesaikan transaksi pajak. Tepatnya dengan menggunakan fitur payment dalam layanan perbankan digital Mandiri Cash Management (MCM) 2.0 yang dapat diakses melalui Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri. MCM memudahkan nasabah untuk memantau rekening bank dan melakukan berbagai jenis transaksi keuangan dengan jaringan koneksi yang aman.

Di dalam fitur payment pada MCM, tersedia menu “Tax Payment Overview”, “Single Tax Payment”, dan “Multiple Tax Payment by File Upload” untuk memantau dan membayar transaksi pajak. Selain itu dokumen Bukti Penerimaan Negara (BPN) dan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dapat diunduh dengan mudah melalui menu “Tax Payment Inquiry” dan “Inquiry NTPN”.

Baca Juga  Implikasi Pengharmonisasian Aturan Perpajakan Dalam Memperkuat Ekonomi

Aplikasi ini juga dibekali layanan yang dapat mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale ke dalam satu platform secara Single Sign On (SSO). Selain MCM, nasabah dapat dengan mudah mengakses portal yang sudah ada sebelumnya melalui Kopra, seperti Forex Transaction, Value Chain Financing, trade finance, smart account, hingga online custody.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0