in ,

Ikut Program “Hometown Tax”, WP Bisa Kendarai Porsche

program “Hometown Tax”
FOTO: IST

Pajak.com, Jepang – Kisarazu, salah satu kota di Jepang, memberi hadiah berupa pengalaman mengendarai mobil Porsche kepada Wajib Pajak yang mengikuti program hometown tax atau pajak pulang kampung.

Apa itu hometown tax? hometown tax adalah pajak, dana, atau donasi dari Wajib Pajak yang sudah menetap di kota. Mereka didorong untuk memberikan pajak, dana, atau donasi itu sebagai modal pembangunan di desa-desa atau wilayah rural. Sebagai imbal baliknya, Wajib Pajak mendapat hadiah beragam dari masing-masing pemerintah daerah. Pertama kali hometown tax diinisiasi oleh Perdana Menteri Yoshihide Suga di tahun 2007. Kebijakan ini diterapkan untuk mendorong anak muda yang sudah berpindah ke kota agar tetap berkontribusi kembali kepada kampung halamannya. Kebijakan hometown tax di Jepang telah diperbarui per 1 Juni 2022. Nominal dana yang diikutsertakan dalam hometown tax bisa dijadikan pengurang atas Pajak Penghasilan (PPh).

Baca Juga  Insentif Pajak Ini Diperpanjang Hingga 31 Desember 2022

Di Kota Kisarazu, pemerintah memberi hadiah kepada Wajib Pajak untuk bisa menikmati sensasi mengendarai mobil Porsche keluaran teranyar. Ada empat tipe mobil Porsche yang ditawarkan dengan empat tingkat kemewahan yang berbeda. Secara teknis, Wajib Pajak peserta hometown tax dapat langsung berkunjung ke Porsche Experience Center Tokyo dan langsung mengemudikan mobil mewah itu selama 90 menit.

“Donatur bisa mengemudi di track yang tersedia sepanjang 2,1 kilometer (km) didampingi instruktur. Wajib Pajak bisa merasakan sensasi mengemudi mobil Porsche paling mewah jika sumbangannya makin tinggi,” tulis pemerintah Kota Kisarazu yang dikutip dari media Jepang, Mainichi, (9/6).

Kota Kisarazu mencatatkan donasi dari program hometown tax sebesar 180 juta yen (1,3 juta dollar AS) pada tahun fiskal 2019 dan 95,4 juta yen (720 ribu dollar AS) pada 2020.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0