in ,

11 Negara Asia Deklarasi Perangi Penghindaran Pajak

Deklarasi Perangi Penghindaran Pajak
FOTO: KLI Kemenkeu

Pajak.com, Bali – Sebanyak 11 negara Asia berkomitmen untuk memerangi praktik penghindaran pajak melalui penandatanganan Deklarasi Bali mengenai Asia Initiative. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan, deklarasi ini menjadi simbol upaya kolektif regional dalam mewujudkan transparansi perpajakan global. Adapun 11 negara Asia itu, adalah Indonesia, India, Jepang, Singapura, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Malaysia, Maldives, Thailand, Macau, dan Hong Kong.

Sekilas mengulas, Asia Initiative diperlukan karena saat ini partisipasi negara-negara Asia dalam upaya multilateral untuk transparansi pajak belum merata. Masih sedikit negara yang bergabung dalam forum global serta berkomitmen untuk menerapkan standar transparansi dan pertukaran informasi. Sementara, keberadaan inisiatif regional, seperti Africa Initiative dan Latin America Initiative telah membuktikan efisiensi dalam mempromosikan dan memajukan agenda transparansi pajak secara lokal.

Baca Juga  Aspek Pajak JHT dan Besaran Tarifnya

“Asia Initiative diharapkan dapat mengisi kesenjangan di berbagai tingkat kapasitas untuk mempercepat penggunaan transparansi pajak dan pertukaran informasi. Sehingga, Asia Initiative akan berkontribusi pada transparansi pajak global yang inklusif. Transparansi perpajakan memainkan peran penting untuk menangani praktik-praktik perpajakan yang tidak dapat diterima,” jelas Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Asia Initiative Ministerial Meeting and Signing Declaration di Bali, (14/7).

Penandatanganan Deklarasi Bali ini berlangsung dalam side event Pertemuan 3rd Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) Presidensi G20 Indonesia. Adapun pembahasan Asia Initiative telah berlangsung sejak Februari 2022 yang dipimpin oleh Dirjen Pajak Suryo Utomo.

“Kemajuan yang dicapai dalam pertemuan lalu telah menjadi dasar yang sangat kuat dan kokoh untuk pertemuan kita hari ini. Indonesia meyakini komitmen yang tertuang dalam Asia Initiative sangat bermanfaat dalam transparansi perpajakan melalui pertukaran data Automatic Exchange of Information (AEoI),” ujar Sri Mulyani.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings