in ,

Perkuat Fondasi Ekonomi Syariah Melalui Generasi Muda

Lebih lanjut lagi, Wempi menjelaskan bahwa program tersebut tidak hanya berkaitan dengan kualitas pendidikan, tetapi juga berikatan dengan aspek pendukung seperti peningkatan bahan ajar di berbagai buku teks, peningkatan kompetensi mengajar, dan kurikulum pendidikan.

Selain itu pemerintah juga akan meningkatkan program pelatihan dan sertifikasi profesi untuk mendukung tenaga kerja yang tidak berasal dari latar belakang pendidikan ekonomi dan keuangan syariah.

Wempi juga mengatakan bahwa berdasarkan penelitian, perbankan syariah tidak hanya berperan pada peningkatan profitabilitas tetapi juga membuat industri perbankan secara keseluruhan di Indonesia menjadi stabil.

Pada 2020–2021, ekonomi syariah Indonesia berada pada peringkat keempat di dunia. Maka dari itu untuk terus memperkuat fondasi dan memajukan ekonomi syariah Indonesia dibutuhkan peran berbagai pihak terutama generasi muda. Dengan mempelajari ekonomi syariah, generasi muda akan memperoleh pemahaman mengenai ekonomi dan keuangan syariah.

Baca Juga  Jokowi Ingin Indonesia Hentikan Ekspor Bahan Mentah

Sehingga nantinya generasi muda dapat menjadi agen yang memberikan pemahaman kepada masyarakat serta meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah secara luas. Karena tingkat literasi ekonomi dan keuangan syariah nasional berdasarkan survei Bank Indonesia (BI) 2021 masih sebesar 20,1 persen.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam acara Temu Ilmiah Nasional (Temilnas) ke-20 Tahun 2021 Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) pada bulan Juli lalu, bahwa semakin tinggi tingkat literasi ekonomi dan keuangan syariah pada masyarakat maka tingkat keberhasilan ekonomi dan keuangan syariah akan semakin tinggi pula. Sehingga pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah secara berkelanjutan.

Baca Juga  Tren FOMO dan YOLO Pengaruhi Sifat Boros Anak Muda

 

* Penulis Adalah Mahasiswi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas: Ekonomi dan Bisnis, Jurusan: Akuntansi, Angkatan 2020

* Informasi yang disampaikan dalam Artikel ini Sepenuhnya merupakan Tanggung Jawab Penulis

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *