in ,

Memahami Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan

Memahami Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan
FOTO: IST

Akhir-akhir ini banyak polemik mengenai Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan, namun apakah kamu sudah mengerti  apa itu JHT BPJSTK? Pertanyaan yang sering diajukan mengenai JHT BPJS TK antara lain apa itu yang dimaksud JHT BPJSTK, siapa aja yang dapat menjadi peserta JHT BPJSTK, apa saja manfaat yang bisa didapat dari JHT BPJSTK, bagaimana prosedur pengambilan manfaat JHT BPJS TK, dan siapa yang menanggung iuran untuk program JHT BPJS TK?

Yang dimaksud dengan JHT BPJS TK yaitu, dikutip dari laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, Jaminan Hari Tua adalah program perlindungan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menjamin agar peserta menerima uang tunai apabila memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. Yang dapat menjadi peserta program ini yaitu pertama sebagai penerima upah selain penyelenggara negara yang meliputi semua pekerja, baik yang bekerja pada perusahaan dan perorangan, dan orang asing yang bekerja di Indonesia lebih dari 6 bulan, yang kedua yaitu bukan penerima upah yang meliputi pemberi kerja, pekerja di luar hubungan kerja/mandiri, dan pekerja bukan penerima upah selain poin 2.

Baca Juga  Sekali Lagi, UU HPP Bukti Pemerintah Dukung UMKM

Manfaat yang bisa didapat dari JHT BPJSTK yakni sebagai pengganti terputusnya penghasilan tenaga kerja karena meninggal, cacat, atau hari tua dan diselenggarakan dengan sistem tabungan hari tua. Program JHT BPJS TK memberi kepastian penerimaan penghasilan yang dibayarkan pada saat tenaga kerja mencapai usia 56 tahun atau telah memenuhi persyaratan tertentu. JHT BPJS akan dikembalikan atau dibayarkan sebesar iuran yang terkumpul ditambah dengan hasil pengembangannya (paling sedikit sebesar rata-rata bunga deposito counter rate bank pemerintah), apabila tenaga kerja mencapai umur 56 tahun atau meninggal dunia atau cacat total tetap.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0