in ,

Dampak Kenaikan PPN pada Masyarakat dan Pengusaha

Selain itu, peningkatan tarif PPN juga berdampak pada peningkatan biaya operasional perusahaan karena adanya pembelian bahan baku kena pajak. Jika biaya operasional perusahaan naik, maka pastinya harga produk juga akan mengalami kenaikan dan hal tersebut akan berdampak pada konsumen akhir yang harus membayar barang lebih mahal dari biasanya.

Namun di sisi lain, Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, dalam acara International Tax Conference pada 12 Oktober 2021 mengatakan bahwa kenaikan tarif PPN tidak akan mengganggu proses pemulihan ekonomi, karena kebutuhan pokok, edukasi, layanan kesehatan dan sosial tetap tidak dikenakan PPN.

Kemudian Febrio Nathan Kacaribu selaku Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) juga mengatakan bahwa kenaikan tarif PPN tidak akan mengganggu pertumbuhan ekonomi dan masyarakat juga tidak terlalu terbebani, inflasi juga akan terjaga. Reformasi perpajakan ini dilakukan pemerintah dengan hati-hati.

Baca Juga  Regulasi Insentif Pajak Bagi Toko yang Ramah Lingkungan

Sehingga masyarakat dan pengusaha jangan terlalu khawatir terlebih dahulu dengan adanya kenaikan tarif PPN tersebut, karena kenaikan tarif PPN tidak berdiri sendiri melainkan satu kesatuan dari beberapa perubahan lainnya, diantaranya yaitu perubahan tarif PPh OP dan perubahan batas penghasilan bruto yang tidak dikenakan pajak bagi wajib pajak OP pelaku usaha serta perubahan lainnya.

 

* Penulis Adalah Mahasiswi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas: Ekonomi dan Bisnis, Jurusan: Akuntansi, Angkatan: 2020

* Informasi yang disampaikan dalam Artikel ini Sepenuhnya merupakan Tanggung Jawab Penulis

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

195 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *