in ,

Ini Solusi Generasi Milenial Bisa Punya Rumah

BTN telah menganalisis bahwa generasi milenial memiliki kecenderungan untuk lebih aktif dan berpindah tempat. Sehingga, BTN bekerja sama dengan pengembang untuk menyediakan hunian dengan harga terjangkau di lokasi yang dekat dengan transportasi.

“Banyak perumahan yang kita biayai di daerah ataupun titik TOD (transit oriented development). Kemudian juga perumahan yang menyediakan konsep di mana mereka bisa kumpul, bisa komunikasi dan bisa menggunakan alat komunikasi mereka,” jelas Hirwandi.

Di masa pandemi, cara memesan rumah juga lebih simpel. Generasi milenial hanya perlu mengunjungi website btnproperti.co.id untuk melihat perumahan-perumahan di seluruh Indonesia secara detail dengan kualitas gambar tiga dimensi, mulai dari tipe, harga, tata ruang, lokasi, dan sebagainya.

Baca Juga  Prosedur Pengajuan Permohonan Pencabutan Penanaman Modal

“Milenial banget, kita memanfaatkan teknologi. Kemudian juga di gadget itu bisa mengajukan aplikasi permohonan untuk  KPR (kredit kepemilikan rumah). Jadi enggak usah datang ke bank, perumahan. Jadi kita berikan kemudahan untuk para milenial,” tambah Hirwandi.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Fitrah Nur. Ia menuturkan, pada dasarnya tidak sulit bagi kalangan milenial untuk mendapatkan rumah karena pemerintah telah berupaya memberikan program untuk mereka yang baru saja bekerja atau masih berpenghasilan rendah. Hal yang paling penting adalah niat untuk memiliki rumah terlebih dahulu. Generasi milenial bisa daftar pembelian rumah di aplikasi resmi kementerian PUPR, yakni SiKasep (Sistem Informasi KPR Sejahtera).

Baca Juga  Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Investasi Tanah

“Sampai sekarang itu program rumah subsidi masih ada, sudah beberapa tahun. Bahkan, dari 157 ribu rumah subsidi yang disiapkan dengan nilai Rp 19,12 triliun oleh pemerintah, baru terserap sebesar 67 persennya saja. Sehingga masih banyak jumlah rumah subsidi yang saat ini masih tersedia,” ungkap Fitrah.

Ia berharap pemerintah daerah (pemda) juga dapat membantu pemerintah pusat untuk menyukseskan program rumah subsidi rumah kepada masyarakat berpenghasilan paling bawah. Peran pemda misalnya, menyediakan lahan dan penyediaan infrastruktur seperti listrik, jalan menuju perumahan, dan air.

Ditulis oleh

Baca Juga  Insight Investments: Tren Anak Muda Pilih Investasi Reksa Dana Berbasis ESG

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *