in ,

IHSG di Zona Merah, Pengaruh Putusan MK UU Ciptaker

Pertama, saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) sebesar Rp 681,5 miliar. Saham TLKM ditutup menguat tipis 0,25 persen ke Rp 4.010 per saham. Total volume perdagangan saham TLKM mencapai 292,5 juta dengan total nilai transaksi Rp 1,2 triliun.

Kedua, saham PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) juga banyak diborong asing sebesar Rp 32,8 miliar. Namun, saham TBIG ditutup turun 1,98 persen ke Rp 2.970 per saham. Total volume perdagangan saham TBIG mencapai 65,56 juta dengan total nilai transaksi Rp 197,0 miliar. Ketiga, investor asing banyak mengoleksi saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) sebesar Rp 25,8 miliar, tapi saham BMRI tetap ditutup anjlok 3,40 persen ke Rp 7.100 per saham. Total volume perdagangan saham BMRI mencapai 55,89 juta dengan total nilai transaksi Rp 399,3 miliar.

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Tingkatkan Hubungan Bilateral

Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya mengatakan, pergerakan IHSG ini sejalan dengan bursa regional Asia yang juga bergerak melemah.

“Hal ini terpicu akan munculnya varian virus baru menambah kekhawatiran tentang pertumbuhan di masa depan dan suku bunga AS yang lebih tinggi. Sentimen lainnya, pelaku pasar berspekulasi mengenai akselerasi terhadap tapering The Fed. Kebijakan moneter tersebut dikhawatirkan akan membuka ruang kenaikan suku bunga Amerika Serikat,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas.

Sementara itu dari dalam negeri, sentimen datang dari putusan MK terkait UU Ciptaker yang mempengaruhi IHSG. MK dalam putusannya, memerintahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama pemerintah untuk memperbaiki UU Ciptaker dalam jangka waktu dua tahun ke depan.

Baca Juga  Mengenal Lisensi Profesi di Pasar Modal

“Hal ini tampaknya direspons negatif oleh pasar. Pasar khawatir ini akan menjadi ganjalan dalam menarik investor untuk berinvestasi di dalam negeri,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *