in ,

5 Tips Memantau Keuangan Agar Bisnis Kian Cuan

5 tips memantau keuangan
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Salah satu tantangan terberat dalam mengelola bisnis adalah mengelola keuangan perusahaan agar arus kas tetap terjaga. Perlu upaya monitoring atau pemantauan keuangan dengan cermat agar bisnis terus berkembang dan menguntungkan. Melalui pemantauan keuangan, pelaku bisnis dapat memantau keluar masuknya anggaran dalam bisnis, menghindari kesalahan keuangan, serta mengevaluasi strategi bisnis mereka. Untuk itu, Pajak.com mencoba merangkai tips cara memantau keuangan yang baik dan benar agar bisnis kian cuan,  yang disarikan dari seorang pakar pemasaran Indonesia Tung Desem Waringin.

Tung Desem menjabarkan, ada tiga variabel penting yang harus dilakukan pelaku bisnis untuk meraih kesuksesan menjalankan perusahaan. Tiga variabel itu meliputi pemasaran (marketing), kontrol, dan sumber daya manusia. Menurut Tung Desem, pemantauan keuangan merupakan bagian dari kontrol bisnis. Nah, melalui proses inilah bisnis dapat dikontrol, diatur, dan dijaga keuangannya. Jika berhasil dijalankan, maka keuntungan dapat mengalir dengan atau tanpa keterlibatan pemilik bisnis sehingga dapat disebut sebagai keuntungan dramatis.

Baca Juga  Tips Menyusun Rencana Keuangan di Awal Tahun 2022

“Kalau Anda tidak kontrol maka (keuangan) akan jebol enggak karuan,” tutur Tung Desem dalam siniar Smart Inspiration edisi Smart Business di Spotify dikutip Sabtu (30/4/22).

Menurut Tung Desem, setidaknya ada lima cara untuk memantau keuangan perusahaan yang bisa dilakukan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0