in ,

104 Startup Lokal Peroleh Pendanaan 3,8 Miliar Dollar

Para investor juga melirik sektor e-commerce asal Indonesia lainnya, seperti platform agritech Tanihub yang memperoleh dana segar sebesar 65,5 juta dollar AS pada putaran seri B. Selain itu, marketplace beautycare Sociolla pun meraih modal investasi sebesar 56,5 juta dollar AS.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Nailul Huda menuturkan, getolnya investor menanamkan modalnya ke startup tak lepas dari prospek ekonomi digital di Indonesia yang menjanjikan. Selain berbekal besarnya jumlah penduduk Indonesia, saat ini pun sedang terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dari produk berbasis off-line menjadi on-line.

“Sekitar 75 persen komponen ekonomi digital berhubungan erat dengan e-commerce. Ekosistem e-commerce sendiri begitu besar karena menyangkut aspek penjualan, permodalan, pembayaran, dan pengiriman. Alhasil, industri e-commerce tak bisa lepas dari sektor pendukungnya yaitu logistik dan fintek,”kata Huda.

Baca Juga  Generasi Milenial Terhadap Investasi dan Transaksi Digital

Ke depan, Huda menilai, tren pendanaan startup masih berpeluang tumbuh lebih besar seiring dengan perkembangan bisnis berbasis teknologi di Indonesia. Sebagai contoh, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee kini tak hanya berkecimpung di layanan e-commerce, melainkan juga mengembangkan layanan pembayaran hingga hiburan.

“Semakin besar dan kompleks ekosistem yang dibangun oleh perusahaan e-commerce, maka akan semakin baik dari segi peluang pendanaan. Banyak investor yang tertarik masuk ke sana,” tambahnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *