in ,

Tips Membangun Usaha dari Nol

Tips Membangun Usaha dari Nol
FOTO: IST

Tips Membangun Usaha dari Nol

Pajak.com, Jakarta – Menjadi seorang pengusaha sukses adalah dambaan banyak orang. Namun, hanya sebagian kecil yang benar-benar mampu memperjuangkan keinginannya tersebut dengan sungguh-sungguh. Biasanya alasannya karena ketiadaan modal. Padahal, tidak selalu dalam bentuk uang. Berikut ini tips bagi Anda yang ingin membangun usaha dari nol.

Tips Membangun Usaha dari Nol

  1. Punya tekad dan keyakinan

    angan pernah memulai usaha dengan setengah hati saat mulai membangun usaha, karena hasilnya pun akan setengah-setengah. Alih-alih sukses, usaha yang Anda bangun justru berhenti di tengah jalan.

  2. Menentukan produk

    Sebelum memulai usaha tentu Anda harus menentukan dulu produk atau jasa apa yang ingin Anda jual kepada konsumen. Anda bisa menentukannya dengan terlebih dahulu melakukan riset yang mendalam. Lebih baik lagi jika Anda bisa memilih di bidang yang memang Anda sukai atau Anda memiliki passion di dalamnya. Itu akan membuat Anda lebih bersemangat dan mau menghadapi berbagai rintangan sehingga bisa lebih cepat meraih kesuksesan.

  3. Punya rancangan jelas

    Mengutip majalah Entrepreneur, langkah awal memulai bisnis adalah dengan merancang identitas bisnis. Buatlah nama, tujuan, dan misi perusahaan Anda terlebih dahulu untuk membangun kredibilitas merek Anda sejak awal. Hal ini penting dilakukan agar klien menilai perusahaan Anda profesional. Buatlah brand dengan jelas tentang apa yang diwakili oleh perusahaan Anda.

    Pikirkanlah dengan matang dan buatlah visi terperinci tentang perusahaan masa depan Anda. Pilihlah sebuah nama yang singkat, mudah diingat dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Selain nama, Anda juga perlu merancang logo yang sesuai. Buatlah logo yang mencirikan identitas merek Anda kepada calon pelanggan.

    Hal tak kalah penting adalah memperhatikan investasi awal Anda. Memulai bisnis selalu membutuhkan investasi, baik berupa uang, tenaga, dan energi. Ketika kita mengacu pada aspek keuangan, penting bagi Anda untuk mempersiapkan terlebih dahulu sesuai dengan anggaran yang telah Anda rancang sebelumnya.

  4. Manfaatkan teknologi informasi

    Saat ini kemajuan teknologi informasi telah memberikan banyak kemudahan bagi dunia bisnis. Misalnya, untuk pemasaran dan layanan, Anda bisa memanfaatkan teknologi digital. Saat ini, hampir setiap bisnis menjual produknya secara online. Interaksi kepada pelanggan pun bisa dilakukan secara online dengan lebih cepat.

    Selain itu, sebagian besar klien akhir-akhir ini mencari produk pun secara online. Sehingga, penting juga untuk Anda membangun situs web Anda sendiri dengan membayar seorang web developer profesional. Sisihkan juga dana untuk mempekerjakan seorang yang ahli pemasaran untuk membuat rencana media sosial yang hebat. Atau, Anda juga bisa bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mengelola media sosial perusahaan Anda. Cara ini biasanya lebih hemat dan lebih profesional.

  5. Bekerjalah dengan tim profesional

    Untuk mencapai hasil maksimal, pekerjakanlah sumber daya manusia yang ahli di bidangnya. Banyak pebisnis jatuh ke karena salah mempekerjakan orang. Untuk itu, pastikan Anda memulainya dengan tim karyawan yang punya kapabilitas dan solid, agar tahu apa yang mereka kerjakan.

  6. Kenali pesaing Anda

    Persaingan bisnis saat ini semakin ketat.Untuk itu, kenalilah pesaing Anda. Agar produk Anda lebih menonjol, dan berbeda dengan merek lainnya, Anda harus membuat diferensiasi dan keunggulan dengan produk sejenis. Misalnya, dari sisi kualitas produk, kemasan, layanan ataupun keunikan lainnya. Jika ide bisnis Anda sudah ada di pasar, maka Anda harus bekerja keras dalam memperkenalkan dan menawarkan keunikan kepada calon pelanggan. 

Baca Juga  Mengenal Pariwisata Konsep Ekowisata

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings