in ,

Teknologi Transportasi Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Menhub Teknologi Transportasi Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini transportasi harus menggunakan teknologi penunjang agar mampu mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable).

“Pada hakikatnya, transportasi berbasis teknologi didedikasikan untuk mempermudah mobilitas masyarakat bekerja dan berusaha, pemerataan distribusi barang dan jasa, serta meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional,” jelas Budi Karya, dalam webinar bertajuk Penggunaan Teknologi Transportasi guna Menunjang Pembangunan Berkelanjutan pada Masa Pandemi yang Cepat, Optimal, dan Efektif, yang diselenggarakan Universitas Gajah Mada (UGM), pada Sabtu (5/6).

Berdasarkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2045 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024, arah kebijakan mobilitas dirancang dengan konsep smart city, green city, dan sustainable city. Sehingga dalam membangun sistem transportasi, kementerian perhubungan juga harus berpedoman dengan itu.

Baca Juga  Semester Awal 2021, Laba Bersih Krakatau Steel Meroket

Secara garis besar, transportasi yang berkelanjutan harus mencakup aspek keselamatan, tarif terjangkau, aksesibilitas tinggi, terpadu, kapasitas mencukupi, teratur, tertib, dan rendah polusi.

“Penerapan teknologi dalam transportasi akan meningkatkan keselamatan, mobilitas, mengurangi biaya dan mengurangi kerusakan lingkungan, yang dapat mendukung terwujudnya transportasi berkelanjutan tersebut,” jelas Budi Karya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0