in ,

Sri Mulyani: Tindakan Korupsi Menghambat Indonesia Maju

Sri Mulyani: Tindakan Korupsi Menghambat Indonesia Maju
FOTO: Sri Mulyani

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, tindakan korupsi akan menghambat usaha Indonesia menjadi negara maju. Korupsi membuat Indonesia tak bermartabat dan sulit mencapai kesejahteraan yang adil bagi masyarakat.

Oleh karena itu, Sri Mulyani mengatakan, upaya pencegahan korupsi tidak boleh hanya menjadi slogan saja, melainkan juga membutuhkan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat. Pemberantasan korupsi tidak cukup hanya dengan penindakan dan law enforcement yang tegas serta kredibel, namun juga harus diberikan aneka edukasi untuk masyarakat.

“Mencegah dan membangun sistem yang antikoruptif secara komprehensif akan sangat menentukan apakah sebuah bangsa bisa meneruskan perjalanan menjadi berpendapatan tinggi, bermartabat dan memiliki kesejahteraan yang adil,” kata Sri Mulyani, dalam Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi, pada (13/4).

Baca Juga  Mengenal Taksonomi Keuangan Berkelanjutan Indonesia OJK

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyarankan, agar pemangku kepentingan memiliki andil cegah korupsi dilihat dari membangun sebuah integritas kejujuran, serta menciptakan sistem yang bisa mendeteksi sejak dini mengenai adanya indikasi tindakan koruptif.

“Itu karena tata kelola dan integritas adalah pondasi yang luar biasa penting bagi suatu bangsa,” ujarnya.

Untuk itu, Sri Mulyani menilai, keberadaan tim strategi nasional pencegahan korupsi (Stranas PK) menjadi langkah penting bagi Indonesia. Stranas PK memiliki tiga fokus meliputi perizinan dan tata niaga, keuangan negara, serta penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

Ditulis oleh

Baca Juga  Moeldoko: ACEXI Mitra Strategis Pemerintah dalam Edukasi Dekarbonisasi

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *