in ,

PMI Manufaktur Indonesia Lampaui Cina dan Jepang

PMI Manufaktur Indonesia Bulan September Lampaui Cina dan Jepang
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Sektor industri manufaktur kembali berekspansi pada September 2021. Hal ini dapat dilihat dari Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia pada bulan September yang mencapai 52,2. Menariknya, PMI Indonesia pada September 2021 melampaui capaian negara Asia seperti Cina (50) dan Jepang (51,5), serta menjadi yang tertinggi di antara negara ASEAN, seperti Singapura (52,1), Malaysia (48,1), Thailand (48,9), Filipina (50,9), maupun Vietnam (40,2).

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, capaian indeks PMI di atas 50 tersebut menunjukkan bahwa industri tengah berekspansi, dan menandakan optimisme pelaku industri dalam berusaha. Selain itu, pihaknya optimistis bahwa industri akan kembali dalam jalur ekspansi saat terjadi pelonggaran atas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Baca Juga  Bank Aladin dan Evermos Fasilitasi UMKM Dana Syariah

“Pada bulan lalu saya sempat katakan bahwa meski ada penurunan PMI manufaktur di bulan Juli-Agustus, tapi saya yakin kita bisa rebound dengan cepat. Alhamdulillah, bulan September sudah kembali ekspansif,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, dikutip Pajak.com pada Sabtu (02/10).

Dengan kembali ekspansifnya sektor manufaktur, Menperin meyakini bahwa target pertumbuhan industri sebesar 5 persen di 2022 dapat tercapai. “Karenanya, kami bertekad terus mendukung sektor industri melalui iklim usaha yang kondusif,” tambahnya.

Berdasarkan hasil survei HIS Markit menunjukkan bahwa peningkatan PMI manufaktur di Indonesia disebabkan oleh pelonggaran pembatasan sosial di berbagai wilayah di Indonesia karena semakin menurunnya kasus Covid-19. Sehingga pada September 2021, baik output maupun pesanan baru meningkat setelah dua bulan mengalami penurunan curam.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings