in ,

Perluas PT Smelting, Gresik Jadi Sentra Hilirisasi Tembaga

Perluas PT Smelting, Gresik Jadi Sentra Hilirisasi Tembaga
FOTO: IST

Pajak.com, Gresik – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama perluasan PT Smelting di Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim). Ekspansi proyek ini akan membuat PT Smelting menjadi industri pionir dalam pengembangan hilirisasi produk mineral dan batu bara (minerba) yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional. Secara khusus, Gresik juga akan menjadi sentra hilirisasi tembaga.

Sekilas informasi, PT Smelting merupakan smelter pertama PT Freeport Indonesia (PTFI) yang dibangun pada tahun 1996 bersama dengan konsorsium Jepang dan dioperasikan oleh Mitsubishi—bentuk kepatuhan PTFI terhadap Kontrak Karya II.

“Kapasitas produksi saat ini mencapai 300 ribu ton katoda dan dengan adanya perluasan melalui investasi sebesar Rp 3,2 triliun diharapkan bisa menjadi 342 ribu hingga 350 ribu ton katoda tembaga per tahun. Dengan ekspansi di pabrik refinery mineral pertama di Indonesia ini, ada 3,3 juta ton konsentrat yang nantinya akan diolah, sehingga Gresik menjadi sentra dari hilirisasi tembaga. Pak Bupati Gresik (Fandi Akhmad Yani) ini bisa juga menjadi bupati tembaga,” kata Airlangga dalam acara, dikutip Pajak.com, Senin (21/2).

Baca Juga  Lima Cara Bangun “Personal Branding” untuk Generasi Muda

Ia mengungkap, perluasan ekspansi ini juga melengkapi peresmian pabrik berkapasitas 1,3 juta ton yang dilakukan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Ada pula kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik yang akan mengolah 2 juta ton konsentrat per tahun.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *