in ,

Pemerintah Manfaatkan FTA Untuk Pemulihan Ekonomi

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Shinta Kamdani memaparkan, penting bagi pemerintah untuk melibatkan pelaku usaha dalam rangka negosiasi FTA. Selain itu, pemerintah dinilai juga perlu membantu para pelaku usaha dalam hal fasilitasi untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan implementasi FTA.

“Kunci untuk memaksimalkan manfaat FTA adalah bagaimana kesiapan para pelaku usaha dalam menyongsong implementasi FTA. Sosialisasi, peningkatan intelijen pasar, serta pembiayaan adalah beberapa komponen yang bisa difasilitasi pemerintah dalam rangka meningkatkan kesiapan para pelaku usaha,” paparnya.

Sedangkan, Wakil Kepala LPEM-UI Kiki Verico berpendapat, untuk memaksimalkan pemanfaatan FTA sekaligus berpartisipasi dalam rantai nilai global, Indonesia perlu mengubah struktur ekonominya dari yang semula bergantung kepada komoditas, menjadi barang manufaktur yang mempunyai nilai tambah.

Baca Juga  Pos Indonesia Raih “Appreciated Social ESG Report”

Tidak hanya itu saja, Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementerian Investasi Indra Darmawan mengatakan bahwa kerja sama perdagangan juga harus mendorong peningkatan investasi. Terlebih, Indonesia telah menjadi negara tujuan utama investasi dunia dan menjadi 20 besar negara dengan arus masuk penanaman modal asing langsung terbesar di 2020.

“Realisasi penanaman modal pada triwulan II-2021 sebesar Rp 223 triliun dengan pertumbuhan sebesar 16,2 persen (YoY). Pemerintah berkomitmen terus menjaga pertumbuhan investasi beserta realisasinya dengan implementasi regulasi terkait perizinan usaha dan kemudahan berbisnis,” katanya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Cara Membuat Sertifikat Tanah di BPN

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *