in ,

Neraca Perdagangan Industri Pengolahan Nonmigas

Menteri Perindustrian Neraca Perdagangan Industri Pengolahan Nonmigas Kuartal I Surplus

Pajak.com, Jakarta – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa neraca perdagangan industri pengolahan nonmigas sepanjang Januari-Maret 2021 mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yaitu sebesar 3,69 miliar dolar AS. Capaian positif ini merupakan hasil dari kinerja ekspor sektor manufaktur yang meningkat pada periode tersebut.

“Secara kumulatif, nilai ekspor industri pengolahan nonmigas pada Januari-Maret 2021 adalah sebesar 38,96 miliar dolar AS atau naik sekitar 18,06 persen jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya,” ungkap Menperin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (25/04).

Menperin menambahkan, meskipun di tengah terpaan dampak pandemi Covid-19, kinerja pengapalan industri manufaktur masih bisa mendominasi terhadap capaian nilai ekspor nasional. “Sepanjang tiga bulan tahun ini, sektor manufaktur memberikan kontribusi terbesarnya hingga 79,66 persen dari total nilai ekspor nasional yang menyentuh angka 48,90 miliar dolar AS,” tambahnya.

Baca Juga  WIMA Ekspor Perdana Motor Listrik Gesits ke Afrika Barat

Selain itu, Menperin juga menjelaskan terdapat tiga sektor primadona yang membuat kinerja ekspor manufaktur tersebut menjadi gemilang, yaitu industri makanan dan minuman dengan sumbangsihnya sebesar 9,69 miliar dolar AS, kemudian disusul industri logam dasar mencapai 5,87 miliar dolar AS, dan yang terakhir adalah industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia sebesar 4,18 miliar dolar AS.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0