in ,

Microsoft Dukung Kemajuan Ekonomi Digital Indonesia

Microsoft Dukung Kemajuan Ekonomi Digital Indonesia
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Microsoft mengumumkan inisiatif memberdayakan ekonomi digital Indonesia. Komitmen ini untuk mendukung pertumbuhan dan transformasi digital masyarakat Indonesia, para developer, ekosistem start-up, dunia usaha dan pelayanan publik. Selain itu, Microsoft juga akan membangun data center region pertamanya di Indonesia untuk menghadirkan layanan komputasi awan (cloud) tepercaya secara lokal, dengan keamanan data, privasi tepercaya dan kemampuan untuk menyimpan data di tanah air.

Sepanjang tahun 2021 ini, Microsoft berencana untuk menambah pelatihan bagi tiga juta masyarakat Indonesia dan memberdayakan lebih dari 24 juta orang Indonesia melalui program keterampilan yang dirancang untuk membantu menciptakan peluang ekonomi yang inklusif di era digital.

Executive Vice President and President Microsoft Global Sales, Marketing and Operations Jean-Philippe Courtois mengatakan, Microsoft memiliki komitmen jangka panjang pada pertumbuhan Indonesia. Rencana ini adalah investasi paling signifikan dalam kurun waktu 26 tahun hadirnya di Indonesia.

Baca Juga  MNC Group dan Microsoft Percepat Digitalisasi Bisnis

“Saya senang perusahaan kami dapat membantu memberdayakan Indonesia untuk mewujudkan visinya untuk memimpin transformasi digital di kawasan ini. Dari e-commerce hingga pertanian, bisnis Indonesia di semua sektor mendapatkan keuntungan digital dengan kelincahan, keamanan, dan skala yang ditawarkan oleh layanan cloud Microsoft,” kata Courtois dalam keterangan tertulis Kamis, (25/2/21).

Dengan wilayah pusat data lokal, bisnis akan memiliki akses yang lebih cepat ke layanan cloud dan kemampuan untuk menyimpan data di tanah air. Untuk memastikan semua orang dapat memanfaatkan peluang digital di masa depan, Courtois menyampaikan, Microsoft akan terus mendukung digital skilling dengan program baru yang akan menjangkau 24 juta masyarakat Indonesia pada akhir tahun 2021.

Baca Juga  Lima Cara Agar Startup Temukan Product Market Fit

Hal itu dinilai penting untuk mempercepat transformasi digital Indonesia, menuju visinya menjadi negara dengan ekonomi digital terdepan di Asia Tenggara. Menurut penelitian dari IDC, investasi Microsoft di Indonesia diharapkan dapat menghasilkan pendapatan baru hingga 6,3 miliar dollar AS dari ekosistem pelanggan dan mitra lokal tanah air. Selain itu, bisnis yang mengonsumsi cloud diharapkan dapat menyumbangkan 60.000 pekerjaan bagi ekonomi lokal, selama empat tahun ke depan.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee menambahkan, dengan lebih dari 150 karyawan dan 7.000 mitra di 17.000 pulau di Indonesia, kehadiran Microsoft secara aktif mendukung komunitas dan ekosistem start-up.

Menanggapi rencana itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Johnny G. Plate menyambut baik upaya Microsoft membangun data center lokal dengan layanan cloud yang sangat aman dan sesuai, yang akan menguntungkan bisnis lokal, pemerintah, dan individu di semua sektor.

Baca Juga  RUU Turunan UU Ciptaker Kemenkominfo Segera Disahkan

“Sebagai penyedia solusi cloud terdepan kelas dunia, investasi Microsoft untuk membangun pusat data lokal, keterampilan digital, dan kolaborasi dengan pemerintah Indonesia akan mendukung inovasi lokal, pemulihan ekonomi, dan transformasi digital,” kata Johnny G. Plate.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0