in ,

Memahami Dompet Digital dan Kelebihannya

Memahami Dompet Digital dan Kelebihannya
FOTO: IST

Memahami Dompet Digital dan Kelebihannya

Pajak.com, Jakarta – Sebagaimana diketahui, terdapat berbagai inovasi yang hadir seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat dalam hal bertransaksi, salah satunya adalah dompet digital atau e-wallet. Dimana penggunaan dompet digital dirasa sangat membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran dengan lebih praktis dan cepat.

Disamping itu, inovasi teknologi tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi tanpa harus pergi ke bank atau Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk mengambil uang tunai. Dikutip dari cimbniaga.co.id, mari memahami dompet digital dan kelebihannya.

Melansir laman resmi Bank Indonesia (BI), dompet digital atau dompet elektronik merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data-data instrumen pembayaran, antara lain pembayaran dengan menggunakan kartu maupun uang elektronik, yang bisa menampung dana untuk melakukan berbagai jenis pembayaran. Sederhananya, dompet digital adalah fasilitas pembayaran berbasis on-line dalam wujud aplikasi di smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi non-tunai.

Baca Juga  Menkeu: Tambahan Utang untuk Menutup Defisit Anggaran

Dengan banyaknya kemudahan yang hadir dari dompet digital, membuat fasilitas yang satu ini kian diminati oleh berbagai kalangan. Fasilitas yang dimaksud berupa menyediakan cara yang lebih efektif dan aman bagi penggunanya untuk menyimpan dan menggunakan informasi saat berbelanja secara on-line.

Kelebihan Dompet Digital

Berbeda dengan transaksi konvensional, umumnya fasilitas di dompet digital memberikan kemudahan lebih banyak yang bisa Anda rasakan. Berikut merupakan beberapa kelebihan dompet digital yang perlu Anda ketahui.

1. Transaksi lebih efisien
Di zaman yang serba cepat, Anda diharapkan bisa melakukan berbagai hal lebih efisien dan praktis, termasuk saat melakukan pembayaran. Dengan menggunakan dompet digital, Anda bisa bertransaksi kapan saja dan di mana saja, asalkan didukung dengan jaringan internet yang memadai.

Sebelum berbelanja, Anda bisa mengunduh aplikasi dompet digitalnya, kemudian mengisi saldo yang cukup, dan melakukan pembayaran.

2. Terdapat riwayat transaksi secara otomatis
Saat melakukan transaksi konvensional, Anda mungkin harus mencatat sendiri riwayat pembayaran yang telah dilakukan. Hal ini pasti akan memakan waktu yang lebih lama. Sedangkan, jika Anda menggunakan dompet digital, seluruh riwayat transaksi sudah tercatat secara otomatis. Jadi, Anda bisa dengan mudah melihat dan memantau transaksi apa saja yang telah dilakukan sebelumnya.

3. Sistem keamanan lebih optimal
Dalam melakukan berbagai macam transaksi, sistem keamanan jadi salah satu aspek penting yang wajib Anda perhatikan. Pastikan Anda menggunakan aplikasi dompet digital yang sudah terdaftar dan mendapat izin dari BI agar semua data dan proses transaksi lebih terjamin keamanannya.

Selain itu, pastikan juga Anda memakai PIN atau password sebagai syarat akses aplikasi agar tidak bisa sembarang diakses melalui smartphone lain. Namun, Anda juga tidak perlu khawatir jika smartphone hilang, karena Anda bisa langsung melapor ke perusahaan dompet digital terkait untuk melakukan pemblokiran akun.

4. Tersedia berbagai promo menarik
Kelebihan lain yang membuat dompet digital lebih menarik yaitu adanya berbagi promo yang menarik. Promo yang ditawarkan pun sangat bervariasi, mulai dari diskon pembayaran, penambahan poin, cashback, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya bisa menguntungkan Anda sebagai pengguna dompet digital.

5. Transaksi sesuai harga
Kekurangan dari transaksi konvensional yaitu sulitnya mendapatkan uang kembalian saat berbelanja. Hal ini bisa membuat transaksi yang dilakukan jadi tidak sesuai harga asli, terkadang lebih atau bahkan kurang. Dengan menggunakan dompet digital, Anda bisa bertransaksi sesuai dengan harga asil tanpa harus repot perihal uang kembalian.

Baca Juga  Perusahaan Besar hingga UKM Fokus Digitalisasi Bisnis

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings