in

Kesiapan MUTU International Dukung Ekosistem Bursa Karbon

Kesiapan MUTU International Dukung Ekosistem Bursa Karbon
FOTO: MUTU International

Kesiapan MUTU International Dukung Ekosistem Bursa Karbon

Pajak.com, Jakarta – PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU International) menegaskan kesiapan untuk dukung ekosistem Bursa Karbon yang akan diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 26 September 2023. Direktur Operasional MUTU International Irham Budiman memastikan, kesiapan tersebut berdasarkan pada status perseroan yang merupakan Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) Gas Rumah Kaca (GRK) yang sudah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN). MUTU International pun menjadi LVV pertama yang terdaftar di Sistem Registrasi Nasional (SRN).

Sebagai informasi, MUTU International merupakan perusahaan bisnis testing, inspection, and certification (TIC) sekaligus lembaga validasi serta verifikasi gas rumah kaca yang sudah terakreditasi sejak 2015. Sementara, International Sustainability Carbon Certification (ISCC) merupakan salah satu sistem sertifikasi terkemuka untuk keberlanjutan dan verifikasi emisi gas rumah kaca.

“Kami siap menjadi bagian dari ekosistem perdagangan karbon di Indonesia. Terlebih MUTU International sudah sejak 2015 merambah pasar ini. Dengan pengalaman yang kami miliki, perusahaan telah memfasilitasi negara-negara Eropa untuk menerbitkan ratusan sertifikat dengan skema ISCC,” jelas Irham dalam keterangan tertulis yang dikutip Pajak.com, (21/9).

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

Menurutnya, menjelang peluncuran Bursa Karbon, MUTU International telah mendapatkan akreditasi tambahan dari KAN pada tiga sektor penting, yakni Verifikasi Laporan Emisi, Validasi Dokumen Rencana Aksi Mitigasi, dan Verifikasi Laporan Capaian Aksi Mitigasi.

“Peran kami dalam perdagangan karbon akan sangat vital karena memerlukan jasa sertifikasi yang disediakan oleh MUTU International. Bursa Karbon bukan hanya memberikan peluang ekonomi, tetapi juga menunjukkan komitmen perusahaan dalam mengurangi emisi karbon,” kata Irham.

Ia berharap, semua pihak dapat terlibat aktif dalam inisiatif ini untuk mendukung keberlanjutan lingkungan. Sementara, MUTU International akan semakin memperkukuh perannya dalam menyediakan jasa sertifikasi.

“Perdagangan karbon tentu akan memerlukan jasa sertifikasi yang jadi salah satu layanan yang diberikan perseroan. Peluang ini diharapkan akan segera terealisasi sejalan dengan persiapan perdagangan karbon yang sudah selesai oleh OJK,” ujar Irham.

Baca Juga  BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Kuartal I-2024

Pada kesempatan yang berbeda, Presiden Direktur MUTU International Arifin Lambaga mengungkapkan, perusahaan juga telah menerbitkan 11 laporan validasi dan verifikasi gas rumah kaca dengan berbagai macam skema. Dalam melakukan validasi dan verifikasi proyek, MUTU International mengacu pada ISO 14064-2, yaitu serangkaian sistem pengelolaan gas rumah kaca yang menyediakan program keberlanjutan bagi organisasi untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan energi dalam kegiatan usaha pelanggan.

“MUTU juga menjadi TPE (third party entry) yang melakukan validasi dan verifikasi terhadap proyek dengan mekanisme kredit bersama atau JCM (joint credit mechanism) antara Pemerintah Jepang dan Indonesia dengan visi bersama, yaitu untuk mengurangi emisi karbon melalui penghematan energi di bidang industri jasa, pengolahan, dan/atau manufaktur,” jelas Arifin.

Baca Juga  Implementasikan Prinsip ESG, AIA Luncurkan ePolicy

Kemudian, perusahaan pun telah melakukan verifikasi terhadap laporan emisi tahunan yang dibuat oleh maskapai penerbangan melalui program carbon offsetting and reduction scheme for international aviation (CORSIA), yakni sebuah skema yang dibuat oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) sebagai upaya dunia internasional dalam mengurangi gas buang karbon dioksida (CO2) pada penerbangan internasional.

Baca juga:

https://www.pajak.com/ekonomi/dukung-bursa-karbon-mutu-international-terbitkan-105-sertifikat/.

https://www.pajak.com/ekonomi/bursa-karbon-meluncur-26-september-bei-jadi-penyelenggara/.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *