in ,

Kenali “Stress Eating” dan Cara Mengatasinya

Meski kelihatannya tidak berbahaya, stress eating bisa menimbulkan masalah pada kesehatan, salah satunya obesitas, diabetes, hipertensi, dan lain-lain. Menurut sebuah penelitian di Finlandia, stress eating mayoritas dialami oleh wanita. Untuk mengatasi stress eating, berikut saran dari para ahli:

1. Cari penyebab stress

Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab stres yang dialami. Hal ini agar Anda bisa menyelesaikan masalah secara tenang dan sistematik. Anda harus fokus pada solusi, bukan mencari cara untuk lari dari masalah, salah satunya dengan makan secara tidak terkontrol.

2. Membuat catatan makanan

Buatlah catatan makanan untuk membantu mengidentifikasi kondisi. Anda harus mengenali apakah Anda lebih cenderung makan karena emosional atau kelaparan fisik. Anda harus mencatat porsi yang sudah dimakan atau merencanakan kudapan yang akan dikonsumsi, khususnya saat mengerjakan tugas sekolah atau kantor.

Baca Juga  8 Poin Penting dalam Proses Pengajuan Izin Usaha

3. Melakukan hal baru dan menarik

Untuk mengalihkan keinginan untuk makan, cobalah melakukan kegiatan yang baru seperti membaca buku, bermain game, nonton film, atau melakukan hobi lainnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *