in ,

Kemenlu: Dampak Invasi Rusia ke Ukraina bagi Indonesia

Kemenlu: Dampak Invasi Rusia ke Ukraina bagi Indonesia
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengungkapkan, invasi militer Rusia ke Ukraina akan berdampak terhadap ekonomi Indonesia, terutama dari sektor perdagangan dengan kedua negara. Dengan demikian, serangan itu akan menghambat pemulihan kesehatan dan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Seperti diketahui, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia mengumumkan telah menghancurkan pangkalan udara militer Ukraina, pada (24/2). Dalam keterangan yang dikutip dari kantor berita AFP (Agence France-Presse), Kemenhan Rusia juga menyebutkan, sistem pertahanan udara Ukraina sudah dilumpuhkan. Serangan itu terjadi beberapa jam setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer di Ukraina.

Hubungan Rusia dan Ukraina memanas sejak 2014. Kala itu, muncul revolusi menentang supremasi Rusia. Massa antipemerintah berhasil melengserkan Presiden Ukraina yang pro terhadap Rusia, yakni Viktor Yanukovych. Revolusi juga membuka keinginan Ukraina bergabung dengan Uni Eropa dan North Atlantic Treaty Organization (NATO). Hal yang membuat Presiden Rusia Vladimir Putin semakin marah karena berdirinya pangkalan NATO di sebelah perbatasannya. Ketegangan pun terus berlanjut hingga saat ini.

Baca Juga  Pemerintah Beri Dispensasi Debitur KUR Korban Semeru

“Pengaruh serangan Rusia ke Ukraina tidak hanya dirasakan di kawasan tersebut, di Eropa, tetapi juga di kawasan lain. Indonesia memiliki hubungan kedekatan baik dengan Ukraina maupun Rusia. Kedekatan tersebut terbentuk, baik kaitannya dengan hubungan perdagangan hingga investasi,” ungkap Faizasyah dalam konferensi pers virtual, (24/2).

Untuk itu, lanjutnya, dalam beberapa kesempatan Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga telah menekankan agar negara-negara di dunia tidak menambah persoalan di tengah kondisi pandemi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0