in ,

Kemenlu: Dampak Invasi Rusia ke Ukraina bagi Indonesia

“Karena itu, dari statement Presiden Joko Widodo dan Ibu Menlu bisa dimaknai bahwa konflik yang terjadi di sana, bila terus mengalami eskalasi akan memberi dampak langsung dan tidak langsung bagi kepentingan Indonesia di kawasan Eropa dan global. Selain itu juga akan menimbulkan tekanan baru untuk pulih dari tantangan ekonomi,” jelas Faizasyah.

Ia memastikan, Indonesia akan terus mendorong Rusia dan Ukraina untuk menggunakan cara damai dalam menyelesaikan konflik. Selain melakukan kontak langsung dengan Rusia, Indonesia juga menyampaikan pendapat kepada negara sahabat.

“Hingga sekarang, Indonesia tidak berhenti berupaya untuk memberikan keyakinan bagi pihak-pihak yang berkonflik bahwa jalur perdamaian saat ini adalah yang terbaik. Sehingga harapannya negara-negara tersebut bisa menghindari eskalasi dan bisa kembali ke meja perundingan,” ungkap Faizasyah.

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

Sementara itu, menurut analis BRI Danareksa Sekuritas Natalia Sutanto, memuncaknya perang antara Rusia dan Ukraina akan mengganggu rantai pasokan pangan, seperti jagung, gandum, dan lain-lain. Selain itu, juga akan memengaruhi rantai pasokan komoditas logam, antara lain tembaga dan nikel.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *