in ,

Jokowi Lepas Ekspor Perdana 2 Juta Mobil ke Australia

Jokowi Lepas Ekspor Perdana 2 Juta Mobil ke Australia
FOTO: Jokowi Eskpor Toyota

Pajak.com, Karawang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas ekspor perdana 2 juta unit mobil Fortuner dengan kandungan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) lebih dari 75 persen ke Australia. Ia mengapresiasi PT Toyota Motor Manufacturing yang telah mengambil kesempatan untuk merebut pasar industri otomotif di tengah pandemi COVID-19.

“Pandemi bukan hanya menghadirkan ujian dan tantangan bagi kita semuanya, utamanya bagi dunia usaha dan utamanya lagi bagi industri. Tetapi, pandemi juga membuka untuk kita bisa mengambil peluang dan kesempatan yang ada, baik itu mengambil pasar-pasar baru, yang peluang itu telah, hari ini, telah terbukti diambil kesempatan itu dengan baik oleh PT Toyota Motor Manufacturing dengan ekspor perdananya ke Australia,” kata Jokowi di Assembly Plant I PT Toyota Motor Manufacturing, Karawang, Jawa Barat, (15/2).

Baca Juga  Pertamina Hulu Rokan Ambil Alih Kelola Blok Rokan

Ia mengapresiasi Fortuner memiliki TKDN mencapai lebih dari 75 persen. Ekspor perdana ini membuktikan bahwa sumber daya manusia (SDM) Indonesia memiliki kualifikasi yang baik untuk memproduksi mobil.

“Dan, yang saya senang juga bahwa kandungan lokalnya, TKDN sudah lebih dari 75 persen, local purchase-nya. Banyak komponen, banyak spare part dan aksesoris-aksesoris yang ada di dalam mobil itu disuplai dari industri-industri UKM (usaha kecil menengah) kita. Ini juga sangat baik untuk menghidupkan usaha-usaha kecil yang ada di negara kita. Karena itu, saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi karena apa pun, tadi kita sudah melihat produknya Fortuner, selain produk-produk yang lain, ini dihasilkan oleh SDM-SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor,” kata Jokowi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0