in ,

Daftar Tol Gratis untuk Mudik Lebaran

Tol Gratis untuk Mudik Lebaran
FOTO: IST

Daftar Tol Gratis untuk Mudik Lebaran

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan infrastruktur jalan tol untuk digunakan saat mudik Lebaran 2023. Terdapat 11 jalan tol baru dan gratis yang akan beroperasi untuk memperlancar arus mudik maupun arus balik Lebaran 2023. Adapun 11 jalan tol baru itu belum dikenakan tarif alias masih gratis. Lantas, jalan tol mana saja yang gratis itu?

“Jalan tol fungsional belum beroperasi secara resmi, namun layak untuk digunakan selama masa mudik Lebaran 2023. Kami menargetkan operasional 11 ruas tol tersebut dapat berfungsi pada 15 April 2023 mendatang atau sebelum cuti bersama pada 19-25 April 2023. Kalau fungsional gratis. Jadi, gratis semua itu,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menghadiri Rapat Bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dikutip Pajak.com(6/4).

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

Adapun dana pembangunan jalan tol itu utamanya bersumber dari pajak yang dihimpun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Di tahun 2023, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,8 triliun untuk pembangunan infrastruktur jalan tol.

Berikut daftar jalan tol yang beroperasi pada Lebaran 2023 dan gratis:

Jawa 

Terdapat 11 ruas tol baru di Jawa yang bisa digunakan. Sebanyak 4 ruas tol diantaranya telah resmi beroperasi, sementara 7 tol beroperasi fungsional dengan tarif gratis. Berikut daftar 7 jalan tol yang gratis itu:

  • Cibitung-Cilincing Seksi 4 Taruma Jaya-Cilincing (7,3 km);
  • Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 4-6 Cimalaka-Dawuan (28,2 km);
  • Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 km);
  • Cimanggis-Cibitung Seksi 2A Jatikarya-Cikeas (3,5 km);
  • Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur-IC Gending (8,6 km);
  • Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo Seksi 1.1 (6,1 km); dan
  • Jakarta Cikampek II Selatan Paket 3 SS. Sadang-SS. Kutanegara (28,7 km).
Baca Juga  Wamenkeu Tegaskan Indonesia Dukung Reformasi Kebijakan Ekonomi Hijau di CFMCA Laos

Sumatera

Terdapat 4 jalan tol baru di Trans Sumatera yang beroperasi fungsional dan gratis, yakni:

  • Kuala Tanjung-Tebing Tinggi Segmen Tebing Tinggi-SS Inderapura (28,5 km) dan Segmen Dolok Merawan- Sinaksak (15,6 km);
  • Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6 Blang Bintang-Baitussalam (12,7 km);
  • Binjai-Langsa Seksi 2 Stabat-Jalan Proklamasi (7,2 km); dan
  • Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih (63,5 km).

Pada kesempatan berbeda, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian memastikan, Kementerian PUPR juga melakukan dukungan operasional manajemen lalu lintas untuk mudik Lebaran 2023. Hal ini dilakukan dengan berkoordinasi bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Korlantas Polri, dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam pelaksanaan kebijakan dukungan kelancaran lalu lintas; layanan transaksi tol; layanan konstruksi; serta penyediaan aplikasi Tol Kita untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, prakiraan cuaca, call center, peta jalan tol, dan sebagainya.

Baca Juga  Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato di Gorontalo

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *