in ,

BNI dan Shopee Buka Jalan Ekspor 10.000 UKM Indonesia

Melalui program ini, Shopee ingin membantu lebih banyak UMKM lokal untuk bisa menjangkau pasar global. Hingga Juli 2021, beragam produk lokal laris di pasar internasional, dengan total penjualan harian sebanyak 50.000 produk setiap harinya melalui platform Shopee.

Selain itu, berbagai program dari hulu ke hilir dihadirkan untuk mendorong dan mendukung UMKM dapat melakukan ekspor, mulai dari edukasi, pelatihan, dan pendampingan secara on-line, dan juga pembangunan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo, Bandung dan Jakarta, serta Kampus UMKM Shopee di Semarang.

Perlu diketahui, kerja sama BNI dengan Shopee sudah sejalan dengan pengembangan aplikasi dan program terintegrasi yang memudahkan ekspor, yaitu Xpora. Untuk memperkuat program tersebut, BNI menjadikan Xpora sebagai orkestrator ekosistem UMKM yang akan mempertemukan UMKM di dalam negeri dengan calon buyer internasional. Saat ini, BNI telah menyiapkan Xpora di tujuh kota dengan memaksimalkan lokasi-lokasi terbaik di kantor cabang BNI, yaitu di Jakarta, Solo, Bandung, Denpasar, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Baca Juga  Menteri PUPR: Presiden Jokowi Akan Berkantor di IKN 17 Agustus 2024

Rencananya, kerjasama ini akan berpadu dengan kekuatan jaringan kantor cabang yang dimiliki BNI di enam pusat keuangan dunia, yaitu Singapura, Hong Kong, Seoul, Tokyo, New York, dan London. Melalui berbagai kantor cabang tersebut BNI aktif melakukan B2B business matching untuk membuka peluang bisnis baru bagi UKM yang akan melakukan ekspor, agar mendapatkan pembeli secara langsung.

Dalam hal penguatan kapasitas UKM, kerja sama ini merupakan salah satu strategi bisnis BNI untuk memberikan pendampingan bagi UKM dari hulu ke hilir secara berkelanjutan. Harapannya kedepan UKM dapat langsung terintegrasi dalam mengakses pasar regional hingga internasional, sesuai dengan target nasional untuk mendukung upaya pemerintah mencetak 500.000 UKM eksportir baru pada 2030.

Baca Juga  Ini Pembahasan Pertemuan Sri Mulyani dan AHY

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *