in ,

BI Siapkan Rp 152,14 triliun selama Ramadan dan Idulfitri

Untuk penyaluran uang, BI bekerja sama dengan 107 bank. Nantinya, penukaran uang baru akan dilayani pada 4.608 kantor cabang atau gerai perbankan umum di seluruh Indonesia. Jumlah itu, lanjut Marlison, meningkat 23 persen dari tahun lalu sejumlah 3.742 gerai.

“Layanan penukaran tersebut meliputi 439 kantor di wilayah Jabodebek, dan 4.169 di luar wilayah Jabodebek,” imbuhnya.

Selain itu, Marlison mengemukakan bahwa BI berkoordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang di mesin tarik uang (ATM) dan mesin setor-tarik (Cash Recycling Machine).

Ia juga mengajak masyarakat untuk mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75) melalui penukaran di seluruh kantor BI dan jaringan kantor bank. Terlebih, saat ini BI melonggarkan proses penukarannya.

Baca Juga  Sinergi Kemenparekraf-Bappenas Bangkitkan Pariwisata

Jika sebelumnya BI membatasi penukaran UPK 75 hanya satu lembar per satu KTP, saat ini masyarakat bisa menukarkan 100 lembar UPK 75 per KTP per hari baik secara individu maupun kolektif. Ia pun menegaskan bahwa uang itu dapat digunakan untuk bertransaksi dan berbagi.

“Khusus Ramadan dan Lebaran ini, kami dorong masyarakat untuk gunakan UPK sebagai salah satu uang yang akan ditukarkan untuk angpao atau THR kepada masyarakat,” pungkasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0