in ,

Menkominfo Dorong Industri Gim Nasional Kuasai Pasar

Menkominfo Dorong Industri Gim Nasional Kuasai Pasar
FOTO: IST

Johnny Gerard Plate, selaku Menteri Komunikasi dan Informatika menegaskan bahwa pihaknya berupaya mendorong agar industri gim nasional dapat menguasai pasar baik dalam maupun luar negeri melalui penyelenggaraan program Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021.

Melalui rekaman video dalam IGDX 2021 Conference, Johnny mengatakan bahwa pihaknya menginginkan para pelaku industri gim nasional dapat menguasai pangsa pasar yang lebih besar di negeri sendiri. Dan dapat menciptakan produk-produk gim yang bisa bersaing dengan game developer global. Sehingga pandangan dunia terhadap Indonesia tidak hanya sekadar pasar, tetapi juga berperan penting dalam perkembangan industri gim dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu, Johnny juga mengatakan bahwa saat ini Indonesia di tingkat Asia Tenggara sebagai pasar industri gim terbesar. Sedangkan di tingkat dunia, Indonesia menduduki peringkat ke-17. Kemudian tercatat data bahwa sebanyak 52 juta penduduk Indonesia sebagai gamer atau pemain gim. Namun sayangnya, berdasarkan fakta pada 2020 baru 0,4 persen industri gim lokal yang menguasai pasar gim Indonesia, sisanya dikuasai oleh industri gim luar negeri.

Baca Juga  Presidensi G20 2022, Indonesia Fokus Reformasi Pajak

Maka dari itu, Menkominfo berharap melalui IGDX 2021 dimana menjadi tempat bertemunya pelaku industri gim lokal dan global, dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh para game developer lokal untuk mencari informasi, ilmu dan pengetahuan, serta jejaring baru. Sehingga nantinya bisa menjadi tempat pengembangan diri dan pembangun ekosistem gim dalam negeri.

Lebih dari hal tersebut, Menkominfo juga berharap para pelaku gim Indonesia bisa mendapatkan pendanaan untuk membuat produk gim yang lebih berkualitas. Selain itu diharapkan hal ini dapat meningkatkan kapasitas perusahaan industri gim yang dimilikinya. Karena saat ini, industri gim sedang berkembang baik di dalam maupun luar negeri. Sehingga momentum tersebut harus dimanfaatkan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0