in ,

IHSG Akhir Mei Berada pada Zona Positif

Head of Investment information Mirae Asset Sekuritas Roger MM menganalis, peningkatan IHSG pekan ini dipicu oleh keyakinan investor terhadap prediksi pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 di atas 7 persen. “Pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Presiden Jokowi memacu optimisme. Dikaitkan lagi dengan data manufaktur yang terus ekspansif enam bulan terakhir dan data ekspor yang terus membaik,” kata Roger, kepada Pajak.compada Sabtu (29/5).

Sebelumnya, Sri Mulyani menuturkan, sejumlah indikator terus menunjukkan perbaikan sejak kuartal I-2021 dan diharapkan terakselerasi pada kuartal II-2021. Pemulihan dapat dilihat dari beberapa indikator, antara lain:

Pertama, harga minyak dan komoditas global alami peningkatan didorong oleh peningkatan pemulihan perekonomian global, seperti minyak dunia yang mencapai kisaran 67,7 dollar AS per barel; batu bara 99,1 dollar AS per ton; dan tembaga melampaui harga 10 ribu dollar AS per ton.

Baca Juga  OJK: Influencer Jangan Asal Beri Nasihat Investasi

Kedua, purchasing managers index (PMI) manufaktur global mencapai 55,8 yang menunjukkan posisi tertinggi sejak April 2010. Ketiga, tingkat kepercayaan konsumen naik dari 93,4 menjadi 101,5 per April 2021. Keempat, konsumsi listrik tumbuh 6,3 persen dari sebelumnya negatif.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *