in ,

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di 5 Bank Besar

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu
FOTO: IST

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di 5 Bank Besar

Pajak.com, Jakarta – Industri perbankan berlomba-lomba mengembangkan inovasinya demi memudahkan nasabah untuk bertransaksi di era digital. Teranyar, perbankan telah mengembangkan layanan cardless cash withdrawl atau tarik tunai tanpa kartu debit di mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Artinya, Anda kini dapat menarik uang tunai tanpa repot-repot memasukkan kartu debit di mesin ATM. Cara ini diklaim lebih aman untuk menghindarkan diri dari modus penipuan pembobolan rekening lewat ATM yang dikenal dengan skimming. Lalu, bank apa sajakah yang telah menghadirkan layanan ini dan bagaimana cara mudah melakukan tarik tunai tanpa kartu di ATM?

Berikut adalah cara mudah melakukan tarik tunai tanpa kartu pada 5 bank besar:

  1. Bank Mandiri

    Salah satu cara untuk menarik uang tunai tanpa kartu di ATM Mandiri adalah mengaktifkan aplikasi Livin’ by Mandiri. Setelah mengaktifkannya, Anda hanya perlu mengakses menu tarik tunai di aplikasi tersebut untuk mendapatkan kode token. Nantinya, kode token ini digunakan saat proses tarik tunai tanpa kartu di ATM Mandiri.

  2. Anda bisa langsung datang ke ATM Mandiri terdekat seraya membuka aplikasi Livin’ by Mandiri dan menekan “Tarik Tunai”

    Langkah mudahnya, Anda bisa langsung datang ke ATM Mandiri terdekat seraya membuka aplikasi Livin’ by Mandiri dan menekan “Tarik Tunai”. Lalu, pilih nominal yang diinginkan untuk tarik tunai, dan pilih “Lanjut”. Sebelum melanjutkan, periksa kembali nominal yang ingin ditarik dengan benar, dan kemudian tap “Buat Kode Token”.

  3. masukkan e-PIN

    Setelahnya, masukkan e-PIN yang kemudian akan muncul kode penarikan dan batas waktu penarikan. Jika sudah yakin, klik “Withdrawal” di mesin ATM, masukkan nomor handphone dan pilih “Correct”. Terakhir, masukkan nomor token yang telah dibuat di aplikasi Livin’ by Mandiri, tunggu sampai proses selesai dan uang tunai pun siap diambil.  

Baca Juga  Memahami Transaksi Perdagangan Berjangka Komoditi
2. Bank BRI

Sebagai nasabah Bank BRI, Anda dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu di ATM BRI dengan mudah melalui aplikasi BRImo. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang tersedia di aplikasi itu untuk menarik uang tunai tanpa menggunakan kartu debit.

Untuk diingat, batas minimal tarik tunai tanpa ATM BRI menggunakan BRImo adalah Rp 100 ribu per transaksi, dan batas maksimalnya senilai Rp 1 juta per transaksi.

Langkah-langkahnya, setelah sampai di ATM BRI terdekat, Anda dapat membuka aplikasi BRImo dan lakukan login menggunakan User ID dan Password atau scan sidik jari. Selanjutnya, di aplikasi tersebut pilih menu “Tarik tunai” dan pilih rekening sumber dana.

Kemudian, tentukan nominal uang yang akan ditarik, dan masukkan password BRImo lalu pilih “Lanjut”. Nantinya, Anda akan menerima kode unik untuk melakukan tarik tunai di ATM BRI. Jika sudah, Anda bisa menekan “Transaksi Tanpa Kartu” pada mesin ATM BRI, dan pilih menu “Tarik tunai”.

Setelah itu, masukkan kode unik yang didapatkan dari aplikasi BRImo, dan nomor handphone yang terdaftar di BRImo. Mesin ATM akan segera memproses tarik tunai dan mengeluarkannya sesuai nominal yang telah Anda pilih.

3. Bank BNI 

Agar dapat mengambil uang di ATM BNI tanpa kartu, Anda juga perlu menyiapkan aplikasi milik Bank BNI bernama BNI Mobile Banking. Langkah mudahnya, pada aplikasi tersebut pilih fitur “Mobile Tunai”, dan bacalah syarat dan ketentuan setelah disetujui, klik “Lanjut”.

Kemudian, pilih rekening sumber dana dan nomor handphone tujuan yang akan mengambil tunai (diri sendiri atau orang lain), lalu masukkan nominal tarik tunai. Jika yang akan mengambil tunai adalah orang lain, masukkan nama dan nomor handphone tujuan, dan lakukan validasi data tarik tunai seperti nomor rekening debet, nomor handphone,dan nama penerima.

Selanjutnya, masukkan password transaksi. Pastikan Anda telah mendapatkan kode transaksi yang akan dipakai penarikan tunai di ATM yang hanya berlaku selama 2 jam. Pada mesin ATM BNI, tekan tombol “Enter” berwarna hijau, dan pilih menu “Mobile Tunai”.

Masukkan kode transaksi yang didapat saat tahap 1 pada aplikasi BNI Mobile Banking, lalu klik “Lanjutkan”. Setelahnya, masukkan Kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone tujuan, dan uang tunai pun akan segera keluar.

Baca Juga  Compulsive Spender di Tengah Godaan Pay later
4. Bank BTN

Sama seperti sebelumnya, untuk dapat mengambil uang di ATM BTN tanpa kartu Anda mesti memiliki aplikasi mobile banking dan mengaktivasi terlebih dahulu. Adapun yang dapat memanfaatkan layanan ini adalah nasabah yang memiliki tabungan berbasis kartu, seperti Tabungan BTN Batara, e’BATARAPOS, BTN Juara, BTN Simpel, dan TabunganKu.

Pastikan juga Anda telah mengetahui limit pengambilan yang diatur Bank BTN pada setiap transaksinya. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yakni buka aplikasi BTN Mobile Banking dan pilih fitur “Tarik Tunai Tanpa Kartu”.

Selanjutnya, pilih rekening sumber dan masukkan nominal penarikan. Nantinya, layar handphone Anda akan menampilkan informasi terkait penarikan tunai dan masukkan PIN Anda. Pastikan layar telah menampilkan kode penarikan. Jika sudah, Anda dapat melakukan proses tarik tunai di ATM BTN terdekat.

Pada menu mesin ATM, pilih “Tarik Tunai” dan masukkan nomor handphone yang telah terdaftar. Selanjutnya, masukkan kode penarikan yang telah diberikan pada aplikasi. Mesin ATM akan segera memproses permintaan Anda dan mengeluarkan uang tunai dengan nominal yang telah Anda pilih.

5. Bank Danamon

Cardless transaction atau transaksi tanpa kartu ini adalah salah satu kecanggihan teknologi dari aplikasi mobile banking Bank Danamon. Sebagai nasabahnya, pastikan Anda telah memasang aplikasi D-Bank Pro sebelum memanfaatkan layanan ini. Ingat juga kalau minimal tarik tunai di ATM Bank Danamon sebesar Rp 100 ribu per transaksi dan maksimal penarikannya sebesar Rp 1 juta per transaksi.

Aplikasi ini punya cara kerja menggunakan kode transaksi layaknya OTP (One-Time Password) yang bersifat rahasia yang hanya berlaku selama 1 jam. Jika proses pengambilan uang sudah selesai, maka kode ini otomatis tidak berlaku lagi.

Langkahnya, setelah masuk pada aplikasi D-Bank Pro, pilih menu “Tarik Tunai Tanpa Kartu” atau “D-Cash”. Selanjutnya, pilih “Jenis Penarikan” dan pilih “Sumber Rekening”. Masukkan jumlah tarik tunai yang dikehendaki, setelah itu masukkan nomor handphone.

Pilih jumlah dan klik “Lanjut”, dan pastikan data sudah benar baru setelah itu masukkan MPIN, klik “Kirim” dan tunggu hingga Anda mendapatkan Kode OTP di SMS. Setelah mendapatkannya, Anda bisa menekan salah satu tombol di sisi layar ATM Bank Danamon.
Pilih “Transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu” pada menu di Mesin ATM, dan pilih bahasa yang dikehendaki. Lalu, masukkan nomor handphone yang terdaftar di aplikasi mobile banking D-Bank, dan Masukkan “Passcode”.

Pilih jumlah nominal uang yang ingin kamu tarik tunai dari ATM, kemudian masukkan “Kode OTP” yang sudah diterima melalui SMS ke nomor handphone Anda. Tekan “Lanjut”, maka mesin ATM akan memproses pengeluaran uang tunai Anda. Terakhir, ambil uang tunai dan struk transaksi di mesin ATM Bank Danamon.

Menariknya, nasabah Bank Danamon juga dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu di ATM bank BNI dan ATM Bank CIMB Niaga berlogo PRIMA di seluruh Indonesia. Layanan ini dapat digunakan sejak awal Desember lalu, yakni sejak PT Rintis Sejahtera (Jaringan PRIMA) bekerja sama dengan 5 bank untuk menghadirkan layanan cardless cash withdrawal secara off us (antar bank), salah satunya merupakan Bank Danamon.

Baca Juga  Kemenperin Dorong Investasi KIK Lewat SDM Kompeten

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *