in ,

10 Aplikasi Pembukuan Laporan Keuangan untuk Pemula

10 Aplikasi Pembukuan
FOTO: IST

10 Aplikasi Pembukuan Laporan Keuangan untuk Pemula

Pajak.com, Jakarta – Bagi sebagian orang, membuat laporan keuangan dalam sebuah usaha atau bisnis merupakan hal yang menyebalkan. Selain dibutuhkan keahlian tertentu, dalam membuat laporan keuangan juga memerlukan ketelitian yang baik agar tidak terjadi kesalahan dalam menghitung. Tidak hanya itu saja, menyusun laporan keuangan adalah salah satu tantangan tersendiri, terutama bagi Anda yang baru saja memulai sebuah usaha. Berikut 10 rekomendasi aplikasi pembukuan usaha terbaik.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini terdapat berbagai macam aplikasi pembukuan usaha yang bisa Anda manfaatkan. Mulai dari aplikasi laporan keuangan excel hingga aplikasi pembukuan usaha.

Maka, dengan adanya aplikasi laporan keuangan, Anda tidak perlu lagi kesusahan membuat ataupun menyusun pembukuan dan menghitung bertumpuk-tumpuk jurnal. Jika terjadi kesalahan, Anda tinggal menghapus error data dengan satu klik tombol saja.Meskipun sebagian aplikasi tersebut berbayar, tapi ada pula di antaranya yang tidak dipungut bayaran atau gratis.

Dikutip dari laman ocbcnisp.com, berikut 10 rekomendasi aplikasi pembukuan usaha terbaik versi OCBC NISP.

1. Catatan Keuangan

Aplikasi Catatan Keuangan didesain sederhana sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Aplikasi besutan Chad Verbruggen akan mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda sehari-hari. Tidak hanya menampilkan laporan harian dan bulanan, Catatan Keuangan juga menyajikan grafik per kategori. Sehingga Anda bisa melihat kategori pemasukan dan pengeluaran terbesar.

Anda tidak perlu mengunduh aplikasi laporan keuangan excel saat memerlukan data kas secara excel. Sebab aplikasi Catatan Keuangan dapat diekspor dalam bentuk file excel, doc, pdf, hingga csv.

2. Akuntansi UKM (Money Manager)

Anda memerlukan aplikasi laporan keuangan gratis untuk kepentingan pribadi dan bisnis? Akuntansi UKM (Money Manager) solusinya. Aplikasi pembukuan ini didesain sesuai kebutuhan pengguna.

Oleh karena itu, usaha kecil atau besar tetap bisa memanfaatkan fitur aplikasi tersebut. Bahkan tidak jarang digunakan sebagai aplikasi keuangan pribadi.
Anda bisa melakukan pencatatan keuangan tanpa batasan periode. Selain itu, Anda bisa mengoperasikannya secara off-line, sehingga tidak memakan biaya internet.

3. QuickBooks

QuickBooks adalah aplikasi pembukuan usaha dengan fitur lengkap untuk menunjang kebutuhan bisnis Anda. Berbagai jenis laporan tersedia, mulai dari laporan laba rugi, penjualan, neraca, dana pembelian, dan sebagainya. Anda juga bisa mengelompokkan setiap transaksi berdasarkan kategori. Pastinya hal ini memudahkan Anda untuk melakukan perhitungan keuntungan dana kerugian.

Selain itu, Anda bisa melampirkan foto dalam setiap pencatatan. Hal ini membantu Anda untuk menyimpan berbagai bukti transaksi. Anda tinggal mendokumentasikan struk belanja, nota, atau kuitansi, kemudian simpan bersamaan dengan catatan pengeluaran.

4. Teman Bisnis

Aplikasi laporan keuangan gratis yang cocok bagi pelaku bisnis on-line shop adalah Teman Bisnis. Teman Bisnis merupakan aplikasi pembukuan yang bisa terintegrasi secara langsung dengan marketplace. Sehingga Anda tidak perlu melakukan pencatatan setiap ada transaksi dari marketplace yang masuk.

5. Sage One

Sage One adalah aplikasi pembukuan gratis dari Newcastle, Inggris. Basis pengelolaannya dengan cloud. Sehingga Anda bisa mengintegrasikan keuangan Anda sesuai kebutuhan. Tidak perlu memiliki pemahaman akuntansi mendetail, Sage One akan membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis.

Terdapat banyak sekali fitur unggulan Sage One, meliputi pengelolaan kas keuangan, pembuatan dan pengiriman invoice, penerimaan pembayaran, pengelolaan payroll, kemudahan akses di semua device, terintegrasi dengan aplikasi keuangan lain seperti Zync, tersedia pembayaran pajak, dan bisa dibagikan pada perangkat lainnya.

6. FreshBooks

Aplikasi pembukuan usaha cocok bagi pengguna cloud adalah Freshbooks. Aplikasi dengan ikon daun ini dirancang khusus agar terintegrasi dengan cloud. Tidak hanya menawarkan fitur pencatatan pemasukan dan keuangan saja, Freshbooks juga menyediakan layanan pelacak pemasukan otomatis, invoice, time tracking, report, faktur pajak hingga alarm untuk mengingatkan pembayaran.

Freshbook bukan sekadar aplikasi pembukuan biasa, tetapi software buatan Amerika Serikat ini juga bisa membantu Anda mengelola keuangan dari pemasukan lainnya. Misalnya mencatat penghasilan freelancer, wiraswasta, pegawai, dan bisnis sampingan lainnya.

7. Wave

Aplikasi pembukuan gratis selanjutnya adalah Wave. Tampilannya yang menarik membuat penggunanya nyaman memakainya. Berbagai fitur lengkap ditawarkan oleh Wave. Mulai dari pencatatan laporan keuangan, pengiriman invoice, mencetak kuitansi digital, hingga layanan lainnya. Sayangnya, aplikasi ini tidak menyediakan layanan pencatatan stok dan inventory.

8. GoDaddy

GoDaddy merupakan aplikasi pembukuan usaha gratis dengan jumlah pengguna lebih dari 13 juta. Aplikasi ini akan mengimpor data keuangan Anda secara otomatis ketika Anda menautkannya dengan aktivitas transaksi.

Aplikasi GoDaddy akan menampilkan overview keuangan Anda tiap kategori, seperti laba rugi, pemasukan, pengeluaran, invoice, hingga estimasi keuntungan. Anda juga akan mendapatkan informasi grafis terkait laba rugi. Hal ini memudahkan Anda dalam melakukan analisa dan evaluasi bisnis.

9. Money Lover

Aplikasi pembukuan gratis yang populer di Indonesia adalah Money Lover. Selain, menjadi aplikasi keuangan pribadi terfavorit di dunia, aplikasi ini juga dapat membantu Anda dalam melakukan pengolahan catatan finansial bisnis.

Money Lover dapat menyajikan grafik perhitungan keuangan Anda. Ditambah pilihan kategori sangat beragam, sehingga Anda tidak perlu memasukkan kategori secara manual. Money Lover akan memantau pengeluaran Anda, memperlihatkan dana simpanan, merekam tagihan bulanan, dan memberi peringatan batas tagihan dibayarkan.

10. Expense Manager

Aplikasi pembukuan usaha gratis terakhir adalah Expense Manager. Berbeda dengan aplikasi keuangan lainnya yang menyediakan layanan uji-coba, Expense Manager dapat Anda gunakan 100 persen gratis tanpa harus berlangganan.

Berbagai fitur ditawarkan, mulai dari pelacakan penghasilan, pengeluaran berdasarkan kategori, pajak tracking, jumlah tagihan dan utang, kartu kredit, simpan foto, hingga terintegrasi dengan SMS Banking. Selain itu, Expense Manager bisa menjadi aplikasi keuangan excel dan Anda bisa melakukan ekspor catatan keuangan dalam bentuk HTML, pdf, excel, dan csv.

Baca Juga  Perusahaan Induk Kredivo Umumkan Rencana “IPO”

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *