in ,

World Water Forum Bawa Bali jadi Sorotan Dunia

World Water Forum Bawa Bali jadi Sorotan Dunia
FOTO: Dok. Setkab RI

World Water Forum Bawa Bali jadi Sorotan Dunia

Pajak.comBali – Pemerintah optimistis penyelenggaraan World Water Forum 2024 akan bawa Bali jadi sorotan dunia yang efektif sekaligus sebagai momentum pertumbuhan ekonomi. Betapa tidak, wisatawan yang hadir dalam acara World Water Forum ke-10 ini tercatat berasal dari 170 negara, termasuk Indonesia.

“Sebanyak 50 ribu wisatawan diperkirakan datang ke Bali dalam rangka World Water Forum ke-10 yang terdiri dari delegasi serta para pendampingnya. Ini memberikan destination exposure khususnya bagi Bali, dan bagi pariwisata Indonesia secara luas,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam The Weekly Brief With Sandi Uno, dikutip Pajak.com, Selasa (21/05).

Sandiaga mengungkapkan, Kemenparekraf tengah melakukan survei komprehensif terhitung sejak 17 hingga 25 Mei 2024, terhadap stakeholder, pengunjung, dan delegasi untuk menghitung dampak penyelenggaraan World Water Forum 2024. Data terkini dari Kemenparekraf mengungkapkan bahwa, per 19 Mei 2024, kehadiran delegasi untuk World Water Forum 2024 telah mencapai angka 20 ribu.

Baca Juga  Jokowi Bentuk Satgas Pemberantasan Judi "On-line", Ini Tugas dan Susunannya

Dengan penambahan anggota rombongan dan pendamping, jumlah total pengunjung diperkirakan mencapai 50 ribu, menandakan sukses besar dalam menarik perhatian internasional serta berpotensi memberikan dorongan ekonomi bagi Bali. Sandiaga bilang, dengan setiap delegasi diasumsikan menghabiskan sekitar Rp 30 juta, maka Bali bakal menerima suntikan ekonomi yang signifikan, dengan total pengeluaran langsung yang mungkin melebihi Rp 500 miliar.

“Namun, dalam perhitungan ke depan nantinya bukan tidak mungkin perputaran ekonomi secara keseluruhan akan mencapai angka Rp 1,5 triliun. Mengingat, delegasi kemungkinan tidak datang sendirian, serta masih ada perputaran ekonomi yang dapat dilihat tidak hanya dari spending delegasi saja,” tutur Sandiaga.

Lebih dari itu, dirinya mengklaim bahwa pencarian untuk “World Water Forum” telah meningkat signifikan, dengan lebih dari 1.800 pencarian harian. Dari angkat tersebut, sebanyak 45 persen di antaranya berasal dari luar negeri, meliputi wilayah Pasifik, Asia Timur, Asia Selatan, Eropa Barat, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Selain itu, ada 190 berita global dan nasional mengenai World Water Forum dalam sepekan terakhir.

Baca Juga  4 Rekomendasi Pembiayaan yang Cocok untuk UMKM

Sebelumnya, World Water Forum ke-10 telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada hari Senin, 20 Mei 2024 di Mangupura Hall, Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali. Forum ini, yang merupakan pertemuan penting bagi pemangku kepentingan di bidang air, telah menjadi platform global sejak 1997, diadakan setiap tiga tahun sekali untuk mempromosikan dialog dan pertukaran pengetahuan tentang pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.

Forum air sedunia ini juga menjadi ajang bagi Indonesia menunjukkan kepemimpinannya dalam pengelolaan air. Forum ini tidak hanya menyoroti isu-isu penting tetapi juga telah memperkaya pengalaman para peserta melalui World Water Forum Fair and Expo serta Bali Street Carnival. Acara yang berlangsung pada 20–25 Mei 2024 ini menjanjikan serangkaian kegiatan yang telah meningkatkan kesadaran dan komitmen terhadap keberlanjutan sumber daya air.

Baca Juga  DPR dan Pemerintah Sepakati Rincian Asumsi Dasar Makro 2025
Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *