in ,

Optimalisasi Data – Digitalisasi Untuk Sustainability

Optimalisasi Data - Digitalisasi Untuk Sustainability
FOTO IST

Optimalisasi Data – Digitalisasi untuk Sustainability

Pajak.com, Jakarta – Seiring berkembangnya pembahasan dampak perubahan iklim pada kualitas lingkungan hidup di dunia, sustainability atau keberlanjutan menjadi hal penting untuk diterapkan di berbagai aspek. Tidak hanya terkait lingkungan hidup, sustainability juga mencakup pekerjaan atau employment dan pekerjaan layal atau decent work for all, seperti yang tercantum dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

Sustainability berkaitan erat dengan misi three zeros, yakni zero emission (nol emisi), zero waste (nol limbah), dan zero inequality (nol ketidaksetaraan). Sebuah riset menunjukkan, optimalisasi data dan digitalisasi adalah salah satu cara untuk mencapai sustainability.

Riset yang dilakukan SAP dan Oxford Economics menemukan pendorong sekaligus tantangan utama penerapan sustainability adalah kepatuhan terhadap mandat regulasi. Riset itu juga menunjukkan bahwa investasi pada data menjadi kunci meningkatkan hasil keberlanjutan. Untuk itu, SAP Indonesiasebagai perusahaan penyedia solusi proses bisnis, berkomitmen mendukung penerapan program sustainability di Indonesia dalam proses bisnis perusahaan dengan mengedepankan peran data dan digitalisasi.

Baca Juga  Uang Rp 75 Ribu Bisa Dipakai Berbagai Transaksi

Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro menyampaikan,sekitar 46 persen sektor bisnis di Indonesia telah memiliki rencana sustainability yang matang. Angka ini diprediksi akan terus bertumbuh secara signifikan dengan dibangunnya kemitraan dengan berbagai pihak.

“Rencana sustainability dapat diterapkan dan dijalankan tanpa celah. Salah satu faktor keberhasilan penerapan rencana sustainability adalah pengelolaan data yang akurat untuk membantu perusahaan mencapai tujuan sustainability-nya,” kata Andreas dalam acara Media Roundtable bertajuk “Digitalisasi Sebagai Solusi Untuk Mencapai ‘Sustainability’” pada Kamis (24/11/22).

Namun, menurut Andreas, kendalanya ada pada akurasi data yang telah dimiliki masing-masing perusahaan. Jika proses pengumpulan data yang dilakukan berjalan dengan lancar maka miskalkulasi data tidak terjadi dan rencana sustainability dapat dijalankan untuk mencapai tujuan dan rencana tersebut.

Baca Juga  3 BUMN Sepakat Amankan Pasokan Batu Bara untuk Listrik

Andreas mencontohkan, PT Adaro Energy Indonesia yang merupakan salah satu pelanggan SAP adalah perusahaan yang bergerak di sektor tambang dan energi. Dalam upaya menerapkan sustainability, Adaro merencanakannya dengan menyusun program-program keberlanjutan dan mengadakan program pengelolaan lingkungan hidup melalui upaya pengurangan dan pengelolaan emisi karbon yang terstruktur dan sistematis. Pelaporan kinerja terkait dengan program sustainability yang dilakukan Adaro Energy setiap tahunnya bisa diakses secara publik di laman website Adaro.

Selain Adaro, PT Petrosea Tbk, sebuah perusahaan jasa pertambangan juga memercayai layanan SAP dalam menunjang berbagai inisiatif keberlanjutan dengan digitalisasi. Perusahaan itu telah menggunakan teknologi 4.0 seperti Internet of Tings (IoT), data science and analytics serta sensor pintar dalam operasi perusahaan. Digitalisasi antara lain diterapkan pada predictive maintenance untuk pemeliharaan truk dan alat berat guna meningkatkan umur komponen serta mengatasi konsumsi bahan bakar yang terdeteksi tinggi di atas rerata. Inisiatif ini membantu menekan penggunaan energi serta mencegah pemborosan.

Baca Juga  Pemerintah-DPR Sepakat Suntik Modal Negara 11 BUMN

Manfaat optimalisasi data dan digitalisasi untuk mencapai keberlanjutan juga dirasakan oleh PT Amerta Indah Otsuka, perusahaan manufaktur nutrisi dan farmasi. Perusahaan itu membuktikan bahwa digitalisasi membantu pengurangan emisi dan penghematan energi. Dengan kata lain, transformasi digital memegang peranan besar mendorong SAP Indonesia menegaskan komitmennya membantu inovasi bisnis yang sustainable dengan menggunakan perkembangan teknologi digital melalui pengolahan data yang efektif secara cepat dan tepat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *