in ,

Kiat Mengatur THR Agar Tak Hanya Numpang Lewat

Bagi investor pemula, disarankan untuk mencoba produk investasi yang paling rendah risikonya dan mulailah dengan jumlah yang kecil dulu. Perlu ditekankan, bahwa keuntungan selalu beriringan dengan risiko. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dengan tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan tinggi tanpa risiko.

Adapun produk investasi yang direkomendasikan untuk investor pemula, antara lain deposito, logam mulia, surat berharga negara (SBN) ritel, reksa dana, dan saham. Bila belum ingin berinvestasi, Anda bisa menabung seperti biasa.

Nadia memberikan formula sederhana dalam membagi THR, yaitu investasi dan menabung minimal 10 persen, cicil atau bayar utang maksimal 30 persen, biaya hidup atau kebutuhan hari raya 40 persen—60 persen, kegiatan sosial minimal 2,5 persen, dan gaya hidup maksimal 20 persen.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

Ia berharap, pengelolaan keuangan yang terencana dan bijaksana dapat dilakukan secara berkelanjutan—bukan hanya saat momentum hari raya saja. Jadikan itu sebagai gaya hidup. Sebab kedisiplinan mengatur keuangan merupakan kunci utama untuk mewujudkan kemerdekaan finansial di masa yang akan datang.

Ditulis oleh

Baca Juga  Pemerintah Cabut Aturan Pembatasan Barang Bawaan Pekerja Migran

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *