in ,

KemenkopUKM Siapkan Kewirausahaan Ekonomi Hijau

Sekretaris Perusahaan BRI, Aestika Oryza Gunarto mengatakan setidaknya ada tiga dukungan yang dibutuhkan perbankan untuk mendorong pengembangan ekosistem industri hijau di Indonesia.

Pertama, kebijakan yang mendukung kegiatan pendanaan ke sektor industri tertentu dalam rangka mengurangi dampak perubahan iklim, seperti sektor kelapa sawit dan batu bara.

Kedua, perlu ada kebijakan penurunan aset tertimbang menurut risiko untuk pendanaan ke sektor hijau.

Ketiga, perlu ada insentif ke bank yang memberi pembiayaan ke sektor hijau, seperti insentif subsidi bunga penyaluran kredit bagi nasabah yang memenuhi syarat dalam ruang lingkup ekonomi hijau, pinjaman dari Bank Indonesia dengan biaya yang lebih rendah dan subsidi biaya-biaya yang terkait pembiayaan ke sektor ini.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

Presiden Joko Widodo menekankan bahwa bandul ekonomi dunia mulai bergerak ke arah ekonomi hijau. “Inilah saya kira kesempatan-kesempatan yang kita miliki sehingga dalam rangka kompetisi bersaing dengan negara-negara lain kita memiliki kekuatan-kekuatan itu yang lama tidak kita sadari. Tadi saya sampaikan juga mendetailkan lagi transformasi ekonomi kita menuju tadi green economy, green energy, green tourism, blue economy.

Detailnya seperti apa menurut para pelaku, yang dibutuhkan apa menurut pelaku, dan keinginan-keinginannya seperti apa sehingga akan ketemu nanti. Ini ada kebijakan, ini ada implementasi pelaksanaan. Kalau dipertemukan akan menjadi sebuah kekuatan yang besar,” kata Jokowi.

Ditulis oleh

Baca Juga  Wamenkeu Tegaskan Indonesia Dukung Reformasi Kebijakan Ekonomi Hijau di CFMCA Laos

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *