in ,

Jokowi Waspadai Kenaikan Harga Minyak Mentah Dunia

Kenaikan harga minyak dunia itu akan turut memengaruhi APBN. Sebab beban subsidi, khususnya subsidi BBM dan LPG, bakal meningkat melebihi asumsi APBN 2022. Seperti diketahui, subsidi BBM dan LPG 3 kg dalam APBN 2022 sebesar Rp 77,5 triliun. Subsidi itu ditetapkan pada saat ICP sebesar 63 dollar AS per barel.

“Setiap kenaikan 1 dollar AS per barel, berdampak pada kenaikan subsidi LPG sekitar Rp 1,47 triliun, subsidi minyak tanah sekitar Rp 49 miliar, dan beban kompensasi BBM lebih dari Rp. 2,65 triliun. Belum lagi biaya kompensasi BBM. Namun yang pasti, pemerintah terus mengamankan pasokan BBM dan LPG,” kata Agung.

Selain itu, kenaikan ICP juga memberikan dampak terhadap subsidi dan kompensasi listrik, mengingat masih terdapat penggunaan BBM dalam pembangkit listrik. Setiap kenaikan ICP sebesar 1 dollar AS per barel, maka berdampak pada tambahan subsidi dan kompensasi listrik sekitar Rp 295 miliar.

Baca Juga  Airlangga Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Iran - Israel bagi Perekonomian Nasional

“Selain dampak terhadap APBN tersebut, kenaikan harga minyak juga berdampak pada sektor lainnya, khususnya transportasi dan industri yang mengonsumsi BBM nonsubsidi. Tren kenaikan harga minyak dunia, mengerek harga keekonomian BBM,” tambah Agung.

Head of Industry and Regional Research Bank Mandiri Dendi Ramdani mengakui, tembusnya harga minyak ke level 100 dollar AS per barel dipastikan merupakan imbas dari konflik Ukraina dan Rusia.

“Penutupan kemarin sudah tembus 100 dollar per barel menunjukkan supply minyak global terganggu. Produksi Rusia itu kisaran 11 juta barel per hari. Sekitar 10 persen dari produksi minyak dunia. Jika kondisi konflik berkepanjangan atau lebih dari satu bulan, maka ada potensi harga minyak akan bertahan di level tinggi,” ungkap Dendi.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *