in ,

Jokowi Tetapkan Syarat Mudik Lebaran 2022

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan, bukan tanpa sebab Presiden Jokowi tetapkan syarat mudik Lebaran dan memberikan pelonggoran saat Ramadan. Saat ini Reproduction Rate (R0) COVID-19 terus menurun di Indonesia, yakni mendekati hingga 1. Secara simultan, cakupan vaksinasi, termasuk booster terus mengalami peningkatan.

“Ditambah lagi imbas lonjakan kasus yang dipicu varian Delta tahun lalu membuat masyarakat Indonesia double immunity yang berasal dari vaksinasi dan infeksi. Sehingga demikian, pemerintah melihat memang harusnya bisa lebih dilonggarkan prokes (protokol kesehatan) kita, terutama presiden sangat concern sekali agar seluruh umat muslim, saudara-saudara kita di Indonesia, tahun ini bisa melaksanakan ibadah Ramadan dan Idulfitri dengan lebih baik seperti dahulu,” jelas Budi Gunadi.

Baca Juga  Jokowi: Saham Freeport Naik 61 Persen, 80 Persen Pendapatannya Masuk ke Negara

Seperti diketahui, selama dua tahun terakhir (2020 dan 2021), umat muslim melaksanakan Ramadan dan merayakan Idulfitri dalam kondisi terbatas.

“Jadi atas saran bapak presiden tersebut, mari kita berikan kesempatan kepada rekan-rekan kita, saya juga akan merasakan akibatnya dan sangat senang mendengarkan hal itu, agar kita bisa melakukan ibadah Ramadan dan juga merayakan Idulfitri yang lebih normal lagi,” kata Budi Gunadi.

Selain itu, menurutnya, Presiden Jokowi memberi pesan kepada masyarakat untuk menjaga orangtua di kampung halaman. Pasalnya, banyak orangtua yang tidak bisa mendapat vaksinasi lengkap karena beberapa faktor, utamanya karena kondisi kesehatan.

“Jadi beliau (Presiden Jokowi) dengan sangat bijak bilang, ya kita rayakan Lebaran dengan baik, jangan sampai kebaikan kita justru merugikan para orangtua yang dikunjungi anak-anak dan cucu-cucunya,” ungkap Budi Gunadi.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *