in ,

Indonesia – Korsel Bahas Kerja Sama Ekonomi Digital di KTT ke-43

Indonesia - Korsel Bahas Kerja Sama
FOTO: Setkab RI

Indonesia – Korsel Bahas Kerja Sama Ekonomi Digital di KTT ke-43

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bersama Presiden Republik of Korea (RoK) atau Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, Ruang Cendrawasih 3, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, (6/9). Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut  Indonesia dan Korsel bahas sejumlah kerja sama, utamanya di sektor ekonomi baru (emerging economy), seperti ekonomi digital, teknologi finansial, dan ekosistem perusahaan rintisan (startup). 

“RoK mengumumkan kontribusi 30 juta dollar AS untuk peningkatan kapasitas di bidang artificial intelligence dan 16 juta dollar AS untuk implementasi AOIP (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific). Dalam pertemuan diangkat juga pentingnya melakukan upgrade ASEAN-RoK FTA (free trade agreement),” jelas Retno dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, (7/9).

Pertemuan tersebut juga menghasilkan sejumlah kesepakatan kerja sama pada pelbagai sektor yang tertuang dalam satu dokumen yang diadopsi dan satu dokumen yang dicatat. Adapun satu dokumen yang diadopsi adalah Joint Statement of the 24th ASEAN-Republic of Korea Summit on Cooperation on the AOIP.

Baca Juga  Empat Langkah Menuju Gaya Hidup Berkelanjutan untuk Pemula

“Dokumen tersebut merupakan dukungan terhadap implementasi kerja sama AOIP. Ini mengimplementasikan konsep AOIP di dalam kerja sama yang konkret, dan kali ini didukung oleh RoK, termasuk tentunya di sektor maritim, infrastruktur, digitalisasi, rantai pasok, dan ekonomi hijau, dan UMKM (usaha mikro kecil menengah),” ujar Retno.

Sementara itu, satu dokumen yang dicatat dalam pertemuan tersebut adalah Progress Report on the Implementation of the ASEAN-Republic of Korea Plan of Action to Implement the Joint Vision Statement for Peace, Prosperity, and Partnership (2021-2025).

“Ini berisi kemajuan pelaksanaan rencana aksi Joint Vision Statement Indonesia-RoK 2021-2025,” tambah Retno.

Selain itu, para pemimpin negara juga membahas isu mengenai Semenanjung Korsel yang berkaitan dengan hukum internasional dan keamanan kawasan.

Baca Juga  Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato di Gorontalo

“Para pemimpin juga mengangkat isu yang terkait dengan Semenanjung Korea, terutama peluncuran rudal dan program nuklir yang bertentangan hukum internasional dan mengancam keamanan kawasan,” kata Retno.

Jokowi juga menggelar pertemuan khusus dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan bahwa ASEAN dan Jepang secara resmi membentuk kemitraan strategis komprehensif yang tertuang dalam Joint Statement on the Establishment of the ASEAN-Japan Comprehensive Strategic Partnership.

Terdapat tiga dokumen yang dicatat pada pertemuan tersebut, yakni pertama, Progress Report of the Revised Implementation Plan of the Vision Statement on ASEAN-Japan Friendship and Cooperation, yang berisi kemajuan implementasi Vision Statement on ASEAN-Japan Friendship and Cooperation. Kedua, Future Design and Action Plan of an Innovative and Sustainable ASEAN-Japan Economic Partnership, berisi rencana kerja 10 tahun di bidang konektivitas siber, pengembangan sumber daya manusia, dan inovasi. Ketiga, ASEAN-Japan Economic Co-Creation Vision, berisi visi ekonomi kemitraan ASEAN–Jepang yang melibatkan pihak swasta, komunitas bisnis, dan akademisi.

Baca Juga  Sri Mulyani Serukan Upaya Kolektif Transisi Energi di Sidang Tahunan ADB

“Pada pertemuan ini para pemimpin negara menyampaikan pentingnya menjaga situasi kondusif di kawasan, khususnya di Semenanjung Korea dan Laut Cina Selatan. Para pemimpin negara juga mendorong terjalinnya kerja sama antara ASEAN dan Jepang dalam sejumlah bidang, mendorong kerja sama pembangunan infrastruktur hijau, konektivitas, transisi energi, dan ekonomi digital,” pungkas Retno.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *