in ,

Dampak Ekonomi Perang Rusia-Ukraina Jadi Beban Dunia

Menurutnya, Indonesia perlu memikirkan dengan saksama agar lonjakan harga tidak menimbulkan gejolak di dalam negeri.

“Kita adalah negara yang dianggap mampu mempertahankan kinerja ekonomi yang cukup kuat. Indonesia perlu meramu kebijakan untuk menjaga upaya pemulihan ekonomi yang sangat diperlukan untuk mencipta lapangan kerja,” kata Prof. Djisman.

Sementara itu, menurut Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia Yose Rizal Damuri, konflik Rusia-Ukraina merupakan ancaman terhadap pemulihan perekonomian Indonesia yang saat ini masih berada dalam kondisi pemulihan. Tekanan yang dihadapi Indonesia kian bertambah karena tahun 2022 ini Indonesia juga memegang presidensi konferensi G20.

Yose Rizal mengingatkan, Rusia merupakan pemasok bahan mentah yang penting bagi perekonomian dunia, menduduki posisi sebagai eksportir minyak terbesar keempat di dunia dengan rata-rata nilai ekspor 7,4 juta barel per hari. Ukraina juga merupakan negara pengekspor gandum yang besar di dunia. Hal ini menjadikan konflik di antara kedua negara memberikan dampak besar terhadap perekonomian dunia, terutama pada sektor komoditas dan energi. Bahkan, lembaga OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) memperkirakan, penurunan pertumbuhan ekonomi sebesar 1 percentage point. Ini angka sangat besar, karena pertumbuhan perekonomian dunia belum pulih sepenuhnya.

Baca Juga  BPK Minta Pemerintah Terus Tingkatkan Kualitas APBN

Adapun menurut Ketua Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman, konflik Rusia-Ukraina bisa berdampak besar terhadap global value chain atau rantai pasok global sehingga dunia akan menghadapi disrupsi yang lebih besar terhadap supply chain, logistik, komoditas, dan energi. Meski demikian, tidak mendatangkan dampak langsung yang signifikan terhadap industri makanan dan minuman di Indonesia. Sebab, transaksi dagang Indonesia dengan kedua negara tersebut untuk semi-processed dan processed food tidak terlalu besar.

Ditulis oleh

Baca Juga  Pemerintah dan WRI Indonesia Susun Peta Jalan Dekarbonisasi Industri Nikel

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *