in ,

Cara Cek Tiket Vaksinasi “Booster” di PeduliLindungi

Lantas, bagaimana jika Anda masuk ke dalam kelompok prioritas, namun belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi? Jangan khawatir, Anda bisa datang ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP (kartu tanda penduduk) dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan, vaksin booster diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia sebagai bentuk perlindungan negara.

“Upaya (pemberian vaksin booster) ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat Covid-19 yang terus bermutasi. Untuk itu, saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sekali lagi, saya tegaskan, bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” kata Jokowi.

Baca Juga  Kemenves/BKPM Terbitkan 8 Juta Nomor Induk Berusaha

Kendati sudah ada vaksin booster, ia menegaskan agar semua pihak tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Meski sudah divaksin, saya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19,” jelas Jokowi.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menjelaskan, vaksin booster perlu diberikan karena titer antibodi yang didapatkan masyarakat pasca-vaksinasi Covid-19 mengalami penurunan. Oleh sebab itu, dibutuhkan suntikan antigen baru melalui vaksinasi booster untuk memberikan perlindungan tambahan, apalagi saat ini ada ancaman varian Omicron.

“Data imunogenisitas dari pengamatan hasil uji klinik dari semua vaksin Covid-19 menunjukkan adanya penurunan kadar antibodi yang significantly menurun sampai di bawah 30 persen, terjadi setelah 6 bulan pemberian vaksin primer yang lengkap,” kata Penny.

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

BPOM telah resmi memberikan izin pada lima vaksin Covid-19 untuk dapat digunakan sebagai booster, yaitu CoronaVac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *