in ,

Bukalapak dan Pemerintah Dukung UMKM Go Digital

Bukalapak dan Pemerintah Dukung UMKM
FOTO: IST

Bukalapak dan Pemerintah Dukung UMKM Go Digital

Pajak.com, Jakarta – Upaya digitalisasi untuk pelaku  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tengah menjadi komitmen para pemangku kepentingan agar sektor ini kian berkembang. Hal ini juga dilakukan oleh Bukalapak melalui Mitra Bukalapak. Sinergi Bukalapak dan pemerintah berkomitmen dukung  UMKM bertranformasi secara digital melalui sinergi dengan pemerintah.

President, Commerce & Fintech Bukalapak Victor Lesmana, mengatakan, Mitra Bukalapak sebagai pemimpin pasar online-to-offline (o2o) di Indonesia menjadi salah satu digital platform yang ditunjuk untuk berpartisipasi di gelaran acara G20 untuk mempresentasikan upaya digitalisasi UMKM dalam mendorong inklusi keuangan. Menurut Victor, upaya tersebut telah dilakukan Mitra Bukalapak sejak tahun 2017, kepada lebih dari 14 juta anggotanya yang tersebar di lebih dari 200 kota di Indonesia.

“Lahirnya Mitra Bukalapak didorong oleh keinginan kami untuk membantu para warung dan pelaku UMKM  lainnya untuk dapat sejajar dengan para usaha retail modern. Kapabilitas teknologi adalah salah satu kekuatan kami, sehingga kami memanfaatkannya untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu para pemilik bisnis ini untuk memperluas penawaran produk dan layanan mereka,” kata Victor  dalam acara diskusi virtual bertajuk “Sinergi Pemerintah dan Platform Online Dukung Transformasi Digital UMKM” yang merupakan bagian dari rangkaian acara Road to Digital Transformation Expo (DTE) di pertemuan G20 Digital Economy Working Group (DEWG) 4.

Baca Juga  Wamendag Tekankan 7P Sebelum Investasi di Bidang PBK

Dengan transformasi digital ini, para pelaku UMKM tidak hanya bisa sejajar dan bahkan bersaing dengan usaha-usaha modern dari segi layanan, mereka juga dapat mengambil peran dalam mendorong inklusi keuangan di tanah air dengan memanfaatkan produk-produk finansial dan digital melalui Mitra Bukalapak untuk memenuhi kebutuhan keuangan seluruh lapisan masyarakat.

Victor menambahkan, langkah-langkah untuk mendorong UMKM Go Digital adalah upaya yang harus dilakukan secara kolaboratif dengan berbagai pihak, termasuk dengan pemerintah dan berbagai pihak swasta.

“Sejalan dengan misi pemerintah untuk terus memperluas digitalisasi UMKM di tanah air, Mitra Bukalapak berkomitmen untuk senantiasa bersinergi dengan berbagai inisiatif dari pemerintah,” papar Victor.

Mitra Bukalapak adalah platform online-to-offline pertama di Indonesia yang menyediakan akses ke beragam produk fisik, virtual, dan finansial, dari barang kebutuhan sehari-hari, pulsa, token listrik, hingga berbagai layanan seperti pembayaran tagihan, pengiriman uang, hingga layanan logistik, ke para pemilik warung serta pelaku UMKM lainnya di Indonesia.

Baca Juga  Jokowi: BPKP-APIP Kawal Belanja Produk Dalam Negeri

Melalui aplikasi yang diluncurkan sejak 2017 ini, para UMKM dapat memiliki akses ke lebih banyak SKU produk fisik dan produk finansial, mengatasi kendala terkait rantai suplai dan pengadaan, serta kesempatan untuk menerima dukungan finansial.

Direktur Pemberdayaan Informatika, Kementerian Kominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto menyampaikan bahwa pihaknya mengupayakan akselerasi transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan untuk mendukung penguatan potensi sekaligus ketahanan UMKM Indonesia.

Apalagi UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia yang terus mendorong pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong potensi dan kekuatan UMKM dengan berbagai kebijakan konkret agar pelaku UMKM semakin berdaya saing dan bertahan di era digital ini.

Baca Juga  Momen Lebaran Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

“Untuk mewujudkannya, kami juga turut mengajak partisipasi antar pihak untuk terus memperkuat kolaborasi, sinergi dan inovasi demi tercapainya tujuan akselerasi transformasi digital yaitu pulih bersama dan bangkit lebih kuat”, ujar Wahyu.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *