in ,

9 Pekerjaan yang Terancam Hilang Tahun 2030

  • Tenaga produksi manufaktur non-auto

Dengan munculnya industri 4.0, saat ini tenaga produksi manufaktur non-auto juga sudah banyak dilakukan oleh mesin. Para karyawan perusahaan yang biasanya merakit kendaraan secara manual, misalnya, di masa depan proses ini akan dilakukan semuanya oleh mesin.

  • Pekerjaan konstruksi dan ekstraksi

Dalam beberapa tahun belakangan, Anda tentu telah mengenal teknologi 3 printing. Teknologi ini merupakan mesin cetak yang menggunakan metode manufaktur aditif untuk menghasilkan benda tiga dimensi berdasarkan file desain digital. Pertama-tama 3D Printer akan melakukan pembacaan soft file desain lalu dilanjut dengan proses pencetakan layer by layer material filamen sampai objek terbentuk utuh. Material filamen yang digunakan ada beragam bisa berupa plastik, beton, pasir, kayu, baja, dan lain-lain. Di masa depan, teknologi ini akan menggantikan peran manusia di dunia konstruksi.

  • Pertanian tradisional perikanan dan kehutanan
Baca Juga  PLN Lakukan Dekarbonisasi, Capai Carbon Neutral 2060

Di era digital ini sektor pertanian, perikanan dan kehutanan juga sudah banyak digantikan oleh peran teknologi, Misalnya transplanter untuk hal penanaman padi yang meningkatkan produksi padi hingga 30 persen. Ada juga alat untuk panen padi yang memudahkan dalam proses pemotongan hingga pengantongan padi, hingga mesin pemilih bibit unggul. Demikian halnya di perikanan dan kehutanan.

  • “Sales and related field”

Saat ini penjualan dan bidang terkait juga lebih banyak ditangani oleh perangkat digital. Di dunia tele-marketing, misalnya, di tahun 2030, pekerjaan ini disebut akan hilang karena orang tidak lagi tertarik dengan panggilan asing semacam itu. Teknik marketing zaman sekarang, banyak perusahaan yang memilih merekrut copywriter atau kreator konten untuk melakukan penawaran melalui media sosial dan sejenisnya. Demikian halanya pekerjaan kasir yang lebih banyak menggunakan aplikasi perangkat lunak.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0