in ,

Program Kursus Pajak Intensif Bagi Pebisnis Muda

Program Kursus Pajak Intensif
FOTO: IST

Program Kursus Pajak Intensif Bagi Pebisnis Muda

Pajak.com, Jakarta – Platform aplikasi pembelajaran berbasis on-line Kuncie (PT. Kuncie Pintar Nusantara) berkolaborasi dengan Universitas Kristen Petra (UK Petra) meluncurkan program kursus pajak intensif yang cocok bagi para pebisnis muda. Program ini merupakan lanjutan dari program yang telah dijalankan oleh Continuing Education Centre (CEC) UK Petra selama 9 batch dan menggunakan kurikulum yang sama dengan batch sebelumnya.

CEO Kuncie Mario Nicolas mengatakan, program ini merupakan manifestasi dari upaya Kuncie dalam menyediakan berbagai pembelajaran yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih saat ini pajak menjadi hal esensial, baik dalam konteks bernegara maupun bagi pelaku bisnis. Apalagi, saat ini masih banyak subjek pajak yang mengalami kesulitan dalam memahami teknis seputar pajak seperti menghitung, membayar dan melaporkan pajak yang terutang. Padahal, pajak merupakan hal yang krusial, baik dalam konteks bernegara, berbisnis, maupun kehidupan individu. Bagi para pelaku bisnis dan perusahaan, perhitungan pajak sangat krusial dan mempengaruhi performa suatu perusahaan. Selain itu, skill menghitung dan memahami pajak juga banyak dicari oleh industri.

“Setiap tahunnya banyak orang kesulitan dalam menyelesaikan proses pelaporan pajak, sementara akses untuk mendapatkan penjelasan secara detail dan komplit cukup sulit untuk ditemui secara on-line dan off-line. Hadirnya kursus intensif pajak merupakan bentuk dari komitmen kami untuk terus menyediakan berbagai pembelajaran yang tepat dan dibutuhkan untuk mereka. Dengan mengikuti kursus ini, learners akan memahami hal-hal penting terkait perpajakan baik dalam konteks pajak untuk individu maupun untuk bisnis,” jelas Mario dalam keterangan tertulis dikitip Pajak.com Sabtu (5//11/22).

Seperti diketahui, pemerintah tahun ini juga baru saja memberlakukan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) baru berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) yang naik menjadi 11 persen sejak 1 April 2022 dari sebelumnya 10 persen. Kenaikan tarif PPN ini rencananya akan bertahap sampai 12 persen di tahun 2025 mendatang.

Menghadapi perubahan peraturan dari pemerintah ini, banyak pelaku dunia usaha juga yang harus melakukan pembaruan terhadap mekanisme perhitungan dan pengakuan pajak mereka. Jika tidak dilakukan dengan tepat maka akan dapat berpengaruh ke pencatatan keuangan di perusahaan tersebut.

“Kursus pajak intensif hadir untuk mengakomodasi kebutuhan para subjek pajak, seperti perusahaan, pelaku UMKM, ataupun individu agar dapat menghitung pajak dengan tepat dan sesuai. Selain itu, kursus ini juga cocok untuk mahasiswa, fresh graduate, atau karyawan di bidang akuntansi maupun perpajakan untuk mengasah ilmu mengenai teknis perpajakan lebih tajam lagi.

Langkah Kuncie menggandeng UK Petra karena kampus itu telah berpengalaman menjalankan program perpajakan sebelumnya. Kolaborasi Kuncie dan UK Petra ini menjadi batch ke-10 yang siap mencetak lulusan pajak terbaik. Sejak tahun 2020, UK Petra mengimplementasikan kurikulum OBE-LEAP (Outcome Based Education-Leadership Enhancement Program) yang bertujuan untuk memberikan mahasiswa kesempatan untuk mandiri dalam proses pembelajarannya sesuai talenta dan panggilan masing-masing untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan di era digital. Dengan demikian, lulusan UK Petra diproyeksikan memiliki tiga kemampuan penting di dunia profesional yaitu adaptive, data savvy, dan juga trustworthy.

Kepala CEC UK Petra Regina Jokom menjelaskan, kolaborasi antara CEC UK Petra dan Kuncie dalam menyediakan kursus pajak komplit yang dikemas secara praktis dan digital ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bukan hanya dalam lingkup UK Petra saja tetapi lebih luas lagi kepada masyarakat. Melalui kursus pajak ini, peserta dibekali untuk dapat memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak dengan baik dan benar. Dengan demikian CEC UK Petra boleh hadir menjadi solusi dalam peningkatan kompetensi masyarakat menuju Indonesia maju.

Pendaftaran Kursus Pajak Intensif Batch 10 ini akan dibuka hingga 28 Desember 2022. Program ini akan berlangsung selama tiga minggu dan peserta akan belajar topik-topik seperti dasar perpajakan, KUP (Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan), PPh (Pajak Penghasilan) Orang Pribadi, PPh Badan, Sistem Pemungutan Pajak, PPN (Pajak Pertambahan Nilai), dan Akuntansi & Rekonsiliasi Fiskal. Metode pembelajaran yang digunakan adalah kombinasi dari self learning dan live online class bersama dosen maupun mitra praktisi UK Petra. Selain itu, peserta juga akan mengikuti community discussion sebagai wadah mentoring bersama mentor andal dan networking dengan peserta lainnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings