in ,

Langkah-langkah Memulai Usaha Franchise untuk Pemula

Untuk meminimalisasi kegagalan itu, Pajak.com mencoba merangkum tip agar bisnis waralaba Anda bisa berjaya.

Pertama, mulailah dengan memilih bidang atau produk yang disuka sehingga saat menjalankannya bisa tenang dan sesuai passion. Kedua, pilihlah produk atau jasa yang banyak dibutuhkan banyak konsumen. Misalnya, di tengah pandemi COVID-19 saat ini banyak orang yang senang belanja on-line, sehingga kini franchise ekspedisi atau pengiriman barang kian marak.

Ketiga, selain memilih produk yang banyak diminati konsumen, pilihlah bisnis franchise yang memiliki pilihan produk beragam. Misalnya, di bidang makanan atau minuman Anda bisa memilih bisnis kopi kekinian, atau ayam geprek untuk dijadikan franchise usaha Anda.

Keempat, pahami risikonya terlebih dahulu baru menganalisis keuntungannya. Jika terlalu fokus membaca keuntungan besar dari seseorang dengan bisnis franchise, jangan mudah tergiur. Anda harus tahu detail risiko bisnis yang akan dijalani.

Baca Juga  Implementasikan Prinsip ESG, AIA Luncurkan ePolicy

Kelima, sebagai pemula, pilihlah bisnis yang simpel dan tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga kerja. Cara ini akan menghemat biaya operasional. Modal awal pun tak terlalu besar sehingga mengurangi risiko-risiko kerugian.

Keenam, tak kalah penting adalah membaca latar belakang dan portofolio franchise pilihan Anda. Sebelum memilih skema bisnis franchise, Anda perlu memastikan perusahaan itu memiliki reputasi yang baik. Jangan sampai berurusan dengan franchisor yang curang. Cara ini bisa dilakukan antara lain dengan mengecek testimoni dari franchisee lainnya atau review yang ada dari berbagai sumber digital.

Ditulis oleh

Baca Juga  THR Tak Dibayarkan Perusahaan, Begini Cara Melaporkannya ke Kemenaker

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *