in ,

21 Bengkel Tersertifikasi Konversi Motor Listrik

21 Bengkel Tersertifikasi Konversi Motor Listrik
FOTO: Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

21 Bengkel Tersertifikasi Konversi Motor Listrik

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengakselerasi penyaluran subsidi sebesar Rp 7 juta per unit untuk 50.000 konversi motor listrik dengan melakukan verifikasi bengkel tersertifikasi dari kementerian perhubungan. Hingga saat ini sudah ada 21 bengkel tersertifikasi untuk konversi motor listrik. Di mana saja?

“Kementerian ESDM menargetkan proses verifikasi akan selesai pada 27 Maret 2023. Saat ini telah tersedia 21 bengkel konversi bersertifikat dengan kapasitas konversi hampir 1.900 unit per bulan atau 2.800 per tahun,” ungkap Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM Agus Tjahajana Wirakusumah dalam Konferensi Pers Peluncuran Kebijakan Bantuan Pemerintah untuk KBLBB, di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, (21/3).

Mengutip pengumuman resmi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, 21 bengkel yang telah tersertifikasi untuk konversi motor listrik adalah:

  1. Elders Garage – DKI Jakarta.
  2. PT Nagara Sains Konversi – DKI Jakarta.
  3. PT Handhika Garda Parama – DKI Jakarta.
  4. PT Spora EV – DKI Jakarta.
  5. PT Strum Techology Asia – DKI Jakarta.
  6. Politeknik Negeri Jakarta – Depok.
  7. Juara Bike/Selis – Tangerang.
  8. PT Mitra Metal Perkasa – Karawang.
  9. PTDI dan STTD – Bekasi.
  10. Badan Litbang Kementerian ESDM – Bogor.
  11. PT Tri Mentari Niaga/ BRT – Bogor.
  12. PT Cogindo daya Bersama – Cirebon.
  13. CV Karya Kartanagari Group – Bogor.
  14. PT Braja Elektrik Motor – Surabaya.
  15. Kampus Institusi Teknologi Surabaya (ITS) – Surabaya.
  16. PT Sarana Makmur Sejahtera – Mojokerto.
  17. Percik Daya Nusantara – Denpasar.
  18. PT Roda Elektrik Gemilang –  Denpasar.
  19. PT Ide Inovatif Bangsa – Bali.
  20. PT Electric Vehicle Trimotorindo – Tangerang.
  21. PT Ekoelektrik Konversi Mandiri – Surakarta.
Baca Juga  Resmi Diperpanjang, Simak Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

“Untuk memenuhi target pemerintah, akan dibutuhkan dan dilatih hampir 1.020 bengkel di 10 kota di Indonesia, yaitu ada di Bandung, Semarang, Purbalingga, Surabaya, Mataram, Medan, Makassar, Denpasar, Kupang, dan Balikpapan,” tambah Agus.

Secara simultan Kementerian ESDM juga tengah mengembangkan platform digital untuk mempercepat penyaluran subsidi motor listrik. Platform digital itu terdiri dari 4 bagian utama. Pertama, media untuk pendaftaran on-line bagi masyarakat pemilik motor bahan bakar minyak (BBM) yang ingin konversi motor listrik. Kedua, media bagi bengkel konversi menyelesaikan tahapan administrasi dan penyelesaian hasil konversi.

Ketiga, media verifikasi kualitas motor hasil konversi bengkel dan komponen utama oleh Kementerian ESDM melalui Balai Besar Survei dan Pengujian. Keempat, platform yang terintegrasi dengan kementerian dan lembaga terkait mendukung keberhasilan konversi.

Baca Juga  Gubernur BI: Inflasi Indonesia Terendah di Dunia

“Namun, tahap penyelesaian platform digital konversi motor listrik tersebut masih dalam tahap integrasi ke server Kementerian ESDM. Diharapkan (platform digital) selesai paling lambat akhir bulan ini (Maret). Selanjutnya, akan mulai dibuka kepada masyarakat untuk mendaftar pada awal bulan depan (April). Melalui platform tersebut, masyarakat dapat memonitor progres setiap tahapan penyelesaian konversi sampai motor selesai di konversi,” kata Agus.

Ia menekankan, konversi motor listrik diproyeksi dapat mengurangi pemakaian BBM, penambahan konsumsi listrik sebesar 15,2 GWh, mendukung penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 0,03 juta ton CO2 ekuivalen, serta mampu mengurangi biaya yang dikeluarkan masyarakat.

Ditulis oleh
Baca Juga  Apa itu Inflasi? Pahami Definisi, Penyebab, dan Dampaknya

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *