in ,

Jadi Kabupaten dengan Penerimaan Pajak Terbesar Ke-3, Tangerang Gelar Pak Jaka Digital Award 2024

Tangerang Gelar Pak Jaka Digital
FOTO: Pemkab Tangerang

Jadi Kabupaten dengan Penerimaan Pajak Terbesar Ke-3, Tangerang Gelar Pak Jaka Digital Award 2024

Pajak.com, Tangerang – Pj Bupati Tangerang Andi Ony mengungkapkan bahwa Tangerang tercatat sebagai kabupaten dengan penerimaan pajak terbesar ke-3 di Indonesia. Atas pencapaian itu, Pemkab Tangerang gelar Pak Jaka Digital Award 2024 sebagai bentuk apresiasi kepada Wajib Pajak patuh dan stakeholder.

Sebagai informasi, Pak Jaka Digital Award 2024 merupakan acara rutin tahunan yang diberikan Pemkab Tangerang terhadap Wajib Pajak dan stakeholder yang terbagi dalam beberapa kategori, diantaranya pembayaran tepat waktu, pembayaran terbesar, dan kepatuhan dalam pembayaran pajak.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh Wajib Pajak di Kabupaten Tangerang atas kontribusi mereka memajukan daerah. Penerimaan pajak daerah hingga akhir Mei 2024 tercatat sebesar Rp 1,2 triliun atau tumbuh Rp 99 miliar atau 9,01 persen secara month to month (mtm). Berkat partisipasi Wajib Pajak, yang mengalahkan kita hanya Kabupaten Badung dan Kabupaten Gianyar,” ungkap Andi dalam acara Malam Penganugerahan Pak Jaka Digital Award tahun 2024, di Hotel Atria Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, dikutip Pajak.com (24/6).

Baca Juga  Kanwil DJP Jakut Catatkan Realisasi Penerimaan Rp 22,05 T, Ini 4 Sektor Penopangnya

Menurutnya, pencapaian tersebut menunjukkan kemampuan Pemkab Tangerang dalam melaksanakan pembangunan secara mandiri, tanpa harus bergantung pada pemerintah pusat. Andi pun memastikan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tangerang terus berinovasi agar dapat semakin memudahkan Wajib Pajak dalam menunaikan kewajibannya. Ia menyebutkan, berbagai inovasi telah dilakukan oleh Bapenda Tangerang, antara lain dari direct services, mobile services, self services, hingga electronic services. 

“Pemkab Tangerang mendukung prioritas pembangunan yang digagas Presiden Joko Widodo, utamanya adalah melaksanakan reformasi birokrasi, yang menjadi bagian dari 5 program prioritas. Reformasi ini bertujuan untuk menciptakan pemerintahan yang lincah dan pelayanan publik yang cepat serta efisien. Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Tangerang tidak akan sebesar ini tanpa reformasi dalam pelaksanaan kegiatan,” jelas Andi.

Baca Juga  Kemenkeu Satu Jabar Lelang 77 Aset Penunggak Pajak Senilai Rp 15,10 M

Ia menekankan bahwa hal tersebut juga seirama dengan arahan menteri dalam negeri yang menyatakan bahwa PAD yang tinggi akan mampu membiayai berbagai program pembangunan daerah. Dalam periode 2024 – 2026, ada 4 strategi utama yang menjadi fokus pembangunan Pemkab Tangerang, yakni meningkatkan sumber daya manusia (SDM), mendongkrak pertumbuhan ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan melalui digitalisasi dan integrasi pelayanan publik, serta mengembangkan infrastruktur yang tepat dan berkelanjutan.

“Dengan bantuan para Wajib Pajak dan semua pihak terkait, insyaallah ke-4 strategi pembangunan di Kabupaten Tangerang dapat tercapai,” imbuh Andi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bapenda Tangerang Slamet Budhi Mulyanto juga menekankan, Pak Jaka Digital Award 2024 sebagai bagian dari apresiasi Pemkab Tangerang atas kepatuhan dalam membayar pajak.

“Kami ingin memberikan apresiasi kepada Wajib Pajak dan stakeholder agar mereka bisa terus berkontribusi nyata bagi pembangunan di Kabupaten Tangerang,” kata Slamet.

Baca Juga  Kanwil DJP Jakbar: 82,80 Persen Wajib Pajak Sudah Lapor SPT Tahunan

Salah satu penerima penghargaan adalah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten. Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Dodot Adikoeswanto berpandangan bahwa Pak Jaka Digital Award menjadi bukti nyata sinergi dan kolaborasi yang baik antar-instansi.

“Saya sangat bersyukur bisa mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang. Tujuan membayar pajak tepat waktu itu sudah kewajiban sebagai warga negara Indonesia,” pungkas Dodot.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *