in ,

Gelar “Family Gathering”, IKPI Depok Kuatkan Kemitraan Peningkatan Kepatuhan Pajak

Gelar “Family Gathering”
FOTO: Aprilia Hariani dan IKPI

Gelar “Family Gathering”, IKPI Depok Kuatkan Kemitraan Peningkatan Kepatuhan Pajak

Pajak.com, Depok – Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Cabang Kota Depok (IKPI Depok) menggelar acara Family Gathering Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9, di Gedung Rabbani, Depok (29/1). Acara yang dihadiri oleh anggota IKPI dari berbagai wilayah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok, aparat penegak hukum (APH), organisasi masyarakat (ormas), dan media ini bertujuan untuk menguatkan kemitraan demi meningkatkan kepatuhan pajak.

Sebagai informasi, IKPI merupakan wadah asosiasi profesi konsultan pajak di seluruh Indonesia yang berbentuk perkumpulan berbadan hukum yang didirikan pada 27 Agustus 1965 di Bandung. Hingga kini sudah terbentuk 42 cabang IKPI, termasuk cabang Depok.

Kepada Pajak.com, Ketua IKPI Depok Nuryadin Rahman menuturkan bahwa setiap program yang diusung memiliki tujuan untuk memasyarakatkan IKPI. Oleh karena itu, IKPI Depok berupaya menggelar program yang inovatif dalam memperingati HUT, seperti fun walk, lomba menyanyi, hingga turnamen golf. Secara simultan, IKPI Depok juga aktif mengadakan pelatihan dan sosialisasi kebijakan perpajakan terbaru kepada anggota maupun pendampingan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan kepada masyarakat.

“Dalam momentum acara family gathering ini saya mengusung tagline, bahwa IKPI Depok ingin memasyarakatkan IKPI dan meng-IKPI-kan masyarakat. Dengan begitu, kita harapkan kepatuhan pajak juga meningkat, karena kita pahami 80 persen lebih kontribusi pendapatan negara disumbang oleh penerimaan pajak,” ungkap Nuryadin di sela-sela acara, dikutip Pajak.com(1/7).

Menurutnya, IKPI Depok harus bermanfaat bagi semua pihak, baik Direktorat Jenderal Pajak (DJP), pelaku bisnis (Wajib Pajak), pemerintah daerah, hingga DPRD.

Baca Juga  Peringati HUT ke-9, IKPI Depok Gelar Turnamen Golf dan Santunan

“Semua yang dilakukan adalah bentuk bantuan IKPI sebagai mitra strategis Direktorat Jenderal Pajak untuk meningkatkan angka kepatuhan Wajib Pajak serta target penerimaan pajak,” tegas Nuryadin.

Hal seirama turut diungkapkan Ketua Acara Family Gathering Ilham Susilo. Ia menekankan, acara ini digelar untuk menguatkan solidaritas demi mewujudkan visi dan misi sebagai mitra strategis DJP dan pemangku kepentingan lainnya.

Harapan tersebut diapresiasi oleh Anggota DPRD Depok Imam Musanto. Ia menyambut baik peran IKPI Depok untuk meningkatkan kepatuhan pajak. Pasalnya, ia menganalisis bahwa ketidakpatuhan itu bersumber dari ketidaktahuan masyarakat mengenai aturan pajak. Di lain sisi, peraturan pajak memiliki kompleksitas yang tinggi, sehingga membutuhkan peran konsultan pajak untuk memahaminya.

“Sebagian besar anggaran pembangunan daerah berkaitan dengan anggaran (dana transfer ke daerah) dari pemerintah (pusat). Maka, kami menyambut baik komitmen IKPI untuk meningkatkan kepatuhan dan memasyarakatkan kesadaran pajak guna pembangunan daerah yang lebih baik lagi,” ujar Imam.

Baca Juga  Memasyarakatkan Pajak, IKPI Depok Gelar Turnamen Golf

Acara ini juga diisi dengan penyampaian visi – misi 2 calon ketua umum dan wakil ketua umum IKPI, yaitu Vaudy Starworld – Jetty (nomor urut 01) dan Ruston Tambunan – Lisa Purnamasari (nomor urut 02). Adapun pemilihan akan dilakukan dalam Kongres XII di Nusa Dua (Bali) pada 18 – 20 Agustus 2024.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *