in ,

Lapangan Kerja Jasa Keuangan dan Teknologi Meningkat

Lapangan Kerja Jasa Keuangan dan Teknologi Meningkat
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Perusahaan spesialis rekrutmen tenaga kerja global Michael Page Indonesia melaporkan, jumlah lapangan kerja meningkat pada kuartal 3 tahun 2021 jika dibandingkan dengan kuartal 2 tahun ini. Menurut data yang dibagikan kepada Pajak.com, Kamis (4/11/21) lapangan kerja yang tersedia didominasi oleh beberapa lowongan pekerjaan di bidang jasa keuangan yang mencapai hingga 45 persen, bidang digital mencapai hingga 14 persen, dan Teknologi mencapai hingga 13 persen.

Presiden Direktur Michael Page Indonesia & Filipina Olly Riches mengatakan, seiring dengan lonjakan digital yang terus berlangsung di Indonesia, para pelaku usaha di bidang jasa keuangan multinasional dan domestik melakukan investasi besar-besaran ke di bidang financial technology (fintech).

Baca Juga  Holding UMi Terbentuk, Pemerintah Guyur BRI Rp 54,7 T

“Ini adalah kunci utama bagi penduduk Indonesia untuk bisa mengakses dompet elektronik, melakukan pembayaran daring, serta mengelola seluruh kegiatan perbankan dan asuransi mereka,” kata Riches.

Namun demikian, menurut Riches saat ini terdapat persaingan tajam antara perusahaan jasa keuangan tradisional dan perusahaan rintisan fintech baru untuk mendapatkan karyawan Indonesia bertalenta yang benar-benar bisa menggerakkan kegiatan perekrutan yang sehat.

Demikian juga, selain lapangan kerja di bidang jasa keuangan, peluang kerja digital dan teknologi yang mencapai 14 persen ini didominasi oleh unicorn teknologi yang memprakarsai pertumbuhan di Indonesia, dan dipicu oleh perubahan gaya hidup saat ini karena pandemi.

“Indonesia memiliki penduduk usia muda yang tahu cara melakukan pesan antar ke rumah dan berbagai layanan daring, sehingga menjadikannya sebagai demografi yang sangat menarik untuk pertumbuhan pesat di ruang ini. Kami telah menyaksikan peningkatan yang cukup besar dalam lapangan pekerjaan serta dalam perusahaan ekuitas swasta dan modal ventura untuk bisnis portofolio mereka, yang sering kali di bidang digital dan teknologi,” ujar Riches.

Baca Juga  Krakatau Steel Kembali Cetak Laba di Tengah Pandemi

Seiring dengan makin terhubungnya orang-orang, saat ini penduduk Indonesia yang tinggal di lokasi yang lebih jauh juga memiliki akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan melalui pemanfaatan teknologi. Agar dapat menyediakan berbagai layanan penting ini terhadap populasi yang lebih besar, medcal technology dan education technology juga muncul sebagai salah satu area pertumbuhan utama untuk menjangkau warga yang tinggal di luar kota-kota besar.

Teknologi yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada berbagai platform tersebut juga telah menciptakan kenaikan sebesar 13 persen dalam peluang kerja. Hal ini terlihat terutama dalam pengembangan perangkat lunak dan rekayasa produk, sejalan dengan program pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Tujuannya tak lain untuk membantu mengembangkan angkatan kerja bertalenta ini di Indonesia yang merupakan kunci untuk mencapai perekonomian berkelanjutan yang didorong oleh teknologi, dan meningkatkan kehadiran Indonesia yang menonjol di kancah dunia.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

195 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0