in ,

Kanwil DJP Jakbar: Pajak Ibarat Darah yang Sangat Dibutuhkan Masyarakat

Pajak Ibarat Darah yang Sangat Dibutuhkan Masyarakat
FOTO: Aprilia Hariani dan Kanwil DJP Jakbar

Kanwil DJP Jakbar: Pajak Ibarat Darah yang Sangat Dibutuhkan Masyarakat

Pajak.com, Jakarta – Menyambut peringatan Hari Pajak (14 Juli), Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Barat (Kanwil DJP Jakbar) menyelenggarakan kegiatan Donor Darah, di Aula Harmoni Kanwil DJP Jakbar, (3/7). Kepala Kanwil DJP Jakbar Farid Bachtiar berharap, kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi masyarakat untuk memanifestasikan kebersamaan melalui donor darah dan peningkatan kepatuhan pajak. Menurutnya, pajak ibarat darah yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan Donor Darah ini juga berkolaborasi TNI, Polri, Komando Distrik Militer (Kodim) 0503 Jakbar, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Cabang Jakbar, dan organisasi lainnya.

Filosofi dari pelaksanaan Donor Darah adalah untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai kebersamaan—agar kita bisa saling bahu-membahu, tolong- menolong, dan gotong-royong untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Ini filosofinya sama dengan pajak, yakni sumbangan wajib dari masyarakat kepada negara. Darah berguna untuk tubuh, pajak juga berguna untuk bangsa. Artinya, tanpa darah tubuh manusia akan mati dan tanpa pajak bangsa juga akan mati,” ungkap Farid kepada Pajak.com, di sela-sela acara.

Dengan demikian, masyarakat yang mematuhi kewajiban perpajakan berarti turut berperan serta memperkuat struktur dan fondasi negara. Farid menekankan bahwa kepatuhan membayar pajak merupakan cara untuk mendorong perekonomian nasional.

“Di sisi lain, memperingati Hari Pajak 14 Juli, Kanwil DJP Jakbar memperkuat komitmen pelaksanaan administrasi perpajakan kepada masyarakat yang lebih baik, utamanya soal integritas. Bagi kami, integritas adalah satu hal yang menjadi harga mati. Masyarakat juga bisa berperan aktif membantu kami menyampaikan seandainya ada hal-hal yang dilakukan oleh petugas pajak yang tidak sesuai dengan SOP (standard operating procedure) atau tidak sesuai dengan komitmen integritas,” tegasnya.

Farid pun memastikan komitmen Kanwil DJP Jakbar untuk menjaga kepercayaan masyarakat kepada institusi, baik Kementerian Keuangan (Kemenkeu) maupun DJP. Sebab tanpa kepercayaan publik yang tinggi pada institusi, kepatuhan pajak akan sulit ditingkatkan.

Baca Juga  Dewi Perssik dan 109 Wajib Pajak Patuh Terima Apresiasi dari Kanwil DJP Jakbar 

“Jadi, kami tegaskan bahwa Kanwil DJP Jakbar membuka diri untuk menampung masukan masyarakat demi tetap menjaga komitmen dan integritas. Masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu kehilangan kepercayaan kepada DJP. Dengan cara itu, kita bisa bekerja sama untuk mengawal pencapaian target penerimaan pajak untuk pembangunan bangsa,” ujar Farid.

Ia menyebut, realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP Jakbar mencapai sebesar Rp 35,2 triliun atau 48,57 persen dari target, bahkan melampaui kinerja penerimaan nasional. Realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP Jakbar itu bertumbuh 4,19 persen, sehingga menjadi Kanwil DJP dengan pertumbuhan tertinggi ke-7 se-nasional.

“Ini tidak lepas dari kontribusi Wajib Pajak dalam mematuhi kewajiban pembayaran pajak,” kata Farid.

Dukungan Pemangku Kepentingan

Berbagai pemangku kepentingan mendukung komitmen dan kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan Kanwil DJP Jakbar. Sersan Satu (Sertu) Kodim 0503 Jakbar Rital Setyo Efendi menyatakan dukungan terhadap Kanwil DJP Jakbar dalam penyelenggaraan kegiatan Donor Darah.

Ia berharap, kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Kodim 0503 Jakbar juga menegaskan dukungan kepada DJP untuk mencapai target penerimaan pajak.

“Semoga kegiatan ini dapat berlangsung secara terus-menerus dan dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat,” ujar Rital.

Hal seirama juga diungkapkan Ketua IKPI Cabang Jakbar Tan Alim. Ia berterima kasih atas undangan Kanwil DJP Jakbar dalam acara Donor Darah ini. IKPI Cabang Jakbar juga berupaya membantu pemerintah meningkatkan edukasi kesadaran pajak kepada masyarakat.

“Kami berterima kasih dianggap sebagai mitra satu bahu Kanwil DJP Jakbar. Kami berharap acara ini sering diadakan dan kami akan mendukung selalu,” imbuh Tan.

Ketua Tax Center Universitas Agung Podomoro Meco Sitardja pun mengapresiasi sinergi yang telah terbina dengan Kanwil DJP Jakbar selama ini. Ia memastikan, Tax Center Universitas Agung Podomoro akan terus memperkuat edukasasi kesadaran pajak kepada generasi muda (mahasiswa).

“Kepatuhan pajak dimulai dari bangku kuliah. Untuk itu, sinergi dengan Kanwil DJP Jakbar bisa memberikan positive message bagi generasi muda, para calon pengusaha dan calon karyawan untuk memenuhi kepatuhan pajak. Hari Pajak ini merupakan momentum bahwa pentingnya peran pajak bagi pembangunan menuju Indonesia Emas 2045. Ini yang perlu disadari oleh mahasiswa,” tambah Meco.

Acara Donor Darah ini juga diisi dengan pemberian beasiswa dalam Program Anak Asuh.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *